Titre de Séjour 1 tahun

Happy Birthday to me ♪ ❣

Yap tepat di hari ini di tanggal 12 April adalah tanggal kelahiran saya dan sudah kedua kalinya saya berulang tahun di Perancis. Tahun sebelumnya di Saint-Malo, Bretagne.

Maaf sekali tetapi artikel yang sekarang saya ketik dan akan saya bahas adalah mengenai Ijin Tinggal. Untuk artikel ulang tahun saya, akan saya bahas di artikel selanjutnya ya 🙂

Perpanjang di Perancis

Yey ijin tinggal diperpanjang selama satu tahun kedepan dan tidak perlu lagi mudik ke Indonesia untuk perpanjang visa, tepatnya di Jakarta, apalagi yang seperti saya yang berdomisili di Balikpapan harus terbang ke Jakarta jika saya ingin memperloleh visa lagi. Tetapi syukurlah ijin tinggal saya bisa diperpanjang disini, Perancis.

Sebenarnya ijin tinggal  Titre de Séjour / Carte de Séjour sudah  saya dapat dari beberapa bulan yang lalu, tetapi saya baru membuatkan artikelnya sekarang. Mungkin ada beberapa dari kalian yang sedang mencari informasi untuk memperpanjang ijin tinggal yang status visanya adalah : Visitor Visa Long Séjour dan Tipe visa : D. Nah di artikel inilah yang sangat tepat untuk memdapatkan informasinya.

Persiapan dokumen

Masa berlaku visa saya berakhir di bulan Desember 2015, sementara kekasih saya dan keluarganya, mereka semua menginginkan saya untuk merayakan Natal bersama mereka. Kemudian kami berdua (saya dan kekasih) mencari informasi di bulan Agustus, 4 bulan sebelum masa berlaku visa habis. Dan disalah satu informasi tentang dokumen yang mereka perlukan yaitu : Akte kelahiran dan Kartu Keluarga harus di terjemahkan ke Bahasa Perancis.

Akhirnya kami mencari penerjemah tersumpah yang ada di Perancis untuk menerjemahkan dokumen tersebut.

Ada beberapa pilihan penerjemah yaitu :

  1. KBRI Paris
  2. Sugedicom
  3. Mr.Courtout

Setelah mencari informasi, kemudian dokumen-dokumen sudah lengkap akhirnya kami bisa memasukan dokumen-dokumen kami ke Préfecture di departemen tempat saya tinggal.

Préfecture

Semua dokumen saya udah siap maka saatnya saya pergi ke Préfecture tepat di bulan oktober 2015. Bersyukur Préfecture di departemen tempat saya tinggal saya tidak memakai jadwal Rende-Vous atau janji temu, saya langsung datang dan di temani sang pacar berserta ibunya.

Ketika kami sampai, kami hanya menunggu, mengantri dan mengikuti barisan beserta hahapan di loket untuk memberikan dokumen pembuatan Titre de Séjour, setelah 5-10 menit salah satu wanita yang bekerja di Préfecture mengecek dokemen-dokumen yang saya berikan, mereka hanya mengambil fotocopy saja dan yang asli dikembalikan, seteleh semua dokumen ok, saya pun langsung diberi tanda terima yang saya tanda tangani dan tanda terima tersebut bisa dipakai untuk berpergian di Negara Schengen atau pulang ke Indonesia selama 3 bulan setelah masa berlaku visa habis, dan tidak perlu lagi menggunakan Visa yang selalu tertempel di Passport untuk berpergian. Cukupdengan resi ini saya pun bebas berpergian.

Dokumen – dokumen yang di perlukan ketika pembuatan Titré de Séjour yang pertama kali atau pembaharuan :

  1. Passport beserta Visa dan Stiker Carte de Séjour dari OFII
  2. Akte kelahiran yang di terjemahkan oleh penerjemah di Perancis
  3. Bukti tempat tinggal sang penjamin selama 3 bulan terakhir ( seperti : bukti pembayaran air, gas, internet atau telpon )
  4. Rekening bank sang penjamin selama 3 bulan terakhir
  5. Surat pernyataan kalau sang penjamin bekerja
  6. Identitas diri sang penjamin
  7. Bukti situasi keluarga anda ( Seperti kartu keluarga jika ada, dan di terjemahkan juga )
  8. Bukti pernyataan kalau tidak ada aktivitas bekerja selama di Perancis
  9. Rekening bank pribadi selama 3 bulan terakhir, kalau bisa di terjemahkan ke Bahasa Perancis, tetapi Bahasa Inggris juga boleh
  10. Foto 3,5 x 4,5 sebanyak 4 lembar latar belakang putih
  11. Siapkan materai ( saya membayar 106 € )

Semua dokumen ini harus di foto copy !!

Pengambilan Titre de Séjour

Ketika waktu memberikan dokumen  pada saat pengajuan, maka akan menerima resi dari Préfecture, seharusnya bisa langsung mendapatkan Titre de Séjour di hari pertama tetapi, karena banyak sekali yang membuat kartu tersebut, maka mereka meminta datang kembali untuk pengambilan Titre de Séjour yang asli sebelum masa berlaku resi yang mereka berikan habis.

Jadi tepat satu bulan yang lalu sang pacar melepon ke pihak Préfecture untuk menanyakan Titre de Séjour saya, apakah sudah selesai dan bisa di ambil atau tidak ? dan merekapun menjawab bisa diambil besok karena sudah selesai. Kami heran karena tidak menerima informasi yang didapat dari mereka melalui email maupun telpon. Untung saja kami berinisiatif untuk menelpon 🙂

Keesokan harinya kami pergi ke Préfecture untuk mengambil kartu tersebut, dan ketika kami mau mengambil kartu, eh si mbak yang ada di kantor tersebut menyanyakan untuk Timbre (materai), kamipun bingung Timbre apa ? dan mereka menjelaskan kami harus membeli Timbre seharga 106 € untuk pembuatan Titre de Séjour. Kami membeli timber bukan tepat di kantor Préfecture , melainkan kami harus berjalan kaki ke kantor yang berjarak ± 500 meter dari tempat pengambilan karetu tersebut, karena Préfecture akan tutup, maka kami harus cepat-cepat pergi membeli Timbre atau Materai.

Untung saja ketika kami kembali ke Préfecture si wanita yang kami temui tadi rela menunggu dan kamipun tidak perlu mengantri, dan untungnya lagi ternyata Préfecturenya tutup agak telat, akhirnya kami dapat Titre de Séjour…

Ini dia !!

Titre de Séjour

Titre de Séjour tampak dari depan
Titre de Séjour berbentuk Kartu Tanda Pengenal seperti di Indonesia
Titre de Séjour tampak dari belakang
Titre de Séjour tampak dari belakang

Akhirnya urusan perpanjang ijin tinggal untuk satu tahun kedepan selesai juga.

Silvi

12 thoughts on “Titre de Séjour 1 tahun

    1. Amin yra, makasih Adhya…
      Iya ni ijin tinggal aku masih yang pertahun 😀 mesti bersabar dulu, tapi lumayan kok dari pada setiap 3 bulan mesti pulang pergi indo berat di ongkos 😀

  1. Wah ulang taunnya bareng kitaaaa. Kemarin aku juga ulang tahun yang ke-24 hehehe…. Oia, aku liat foto cincin kaka di IG surprise dari yayangnya. Congrats for your double happiness yaaaa :*

    1. Hi Yas, Iya nih big surprise jadinya…

      selamat ulang tahun ya, panjang umur dan sehat selalu…ulang tahun kita bareng tapi beda tahun aja 😀

  2. Bonjour
    saya mau tanya beebrapa hal tentang visa ke perancis
    1. saya tahun kemarin ke perancis dan visa jangka pendek 35 hari, nah tahun depan saya mau kesana lagi dan stay lebih dari 3 bulan untuk mencari kampus dan bekerja itupun juga permintaan pacar saya kalau bisa stay disana 6 bulan. nah untuk permohonan visanya apakah visa schengen >90 hari atau bagaimana?
    2. kalau pakai visa jangka pendek untuk liburan dan ternyata disana dapat pekerjaan parttime atau fulltime, apakah bisa diperpanjang visanya? dan kalau bisa biayanya berapa dan syaratnya apa saja.
    saya sangat butuh informasinya, karena untuk mempersiapkan dana, dan juga tiket pesawat.
    mohon informasinya,
    merci beaucoup a vous. bonne journee.

    1. Bonjour, merci pour laisser le commentaire ici 🙂 enchantée !

      1. Kalau untuk belajar maupun bekerja lebih dari 3-6 bulan sebaiknya menggunkan student visa (working visa) , karena untuk jenis visa visitor seperti saya tidak diperbolehkan untuk bekerja, kalaupun mau kedua kegiatan tersebut ketika datang menggunakan Visitor Visa Long Séjour diharuskan mengganti jenis visanya di Préfecture.

      2. Ketika menggunakan holiday visa (visa jangka pendek untuk liburan) tetap tidak diperbolehkan untuk bekerja walaupun part time / full time itu artinya anda akan bekerja secara ilegal karena menggunkan holiday visa.

      3. Visa bisa di perpanjajng di sini (Perancis) sesuai dengan jenis visanya. Untuk biaya visa pengajuan pertama kali di jakarta 99 €, kemudian ketika datang di Perancis harus mendatangi ke kantor OFII untuk mendapatkan Carte de Séjour dan biaya 241€ dan yang terakhir saya membayar untuk perpanjang CDS untuk tahun kedua sebanyak 106 € jadi total yang dikeluarkan 446 € atau sekitar Rp 6.441.000 untuk ke-3 dokumen tersebut.

      4. Tolong di cek link ini untuk mengetahui jenis visa yang anda perlukan https://www.tlscontact.com/id2fr/login.php

      Semoga informasinya membantu ya 🙂

      Bonne journée..

      1. Merci pour votre response et enchantee
        tetapi masih sedikit bingung juga, jadi langsung mengajukan visa long sejour kalau mau stay disana. Karena masih mencari pekerjaan dan mungkin akan dicarikan pekerjaannya setelah disana karena masih punya sertifikat delf A2. kalaupun long sejour itu bukannya harus berstatus etudiant ou travailleur ya, karena statusnya disini kan masih mencari.
        je suis desolee parce que bcp de quetions et je ne comprends pas aussi
        Merci, a bientot.

        1. Visitor visa long séjour hanya untuk visiting, bukan untuk bekerja ataupun untuk bersekolah di University dan juga bukan berstatus etudiant atau mencari pekerjaan, kalaupun mau kedua kegiatan tersebut diharuskan untuk merubah status visanya di Préfecture agar tidak menjadi pekerja secara ilegal.

          Jadi satu-satunya jalan untuk stay lebih dari 6 bulan ya harus memakai visa VLS.

          Yang saya tau jika ingin bekerja ataupun study minimal harus level B2 (tergantung jenis pekerjaannya dan jenis universitasnya).

  3. Ok, jadi harus visa long séjour dulu, et nanti disananya kerja atau etudiante jadi berubah visa dan ke Préfecture. Biaya perpanjangannya tertera tadi ya 6.1+++++,
    Maaf banyak bertanya, karena biar jelas, karena kedutaan selektif banget,
    A bientôt

    1. Iya biar gampang kalau mau stay llebih lama di Perancis salah satunya itu… 6,1 itu harga tahun lalu, kurang tau kalau untuk thn depan-depannya lagi ya bisa saja berubah 😀 entah lebih mahal atau lebih murah, lebih baik update aja di kedutaan Jakarta untuk harga proses visanya 🙂

Leave a Reply

%d bloggers like this: