Basilique Sainte-Thérèse Lisieux Normandie

Lisieux terletak di departemen Calvados, dan termasuk di wilayah Normadie. Di Lisieux sendiri ada salah satu bagunan yang paling layak dan terkenal untuk dikunjungi yaitu ; Basilique Sainte-Thérèse.

Ciri bangunan tersebut adalah sebuah bangunan gereja katolik Roma yang dipersembahkan untuk Sainte-Thérèse (seorang biarawati) yang meninggal pada tahun 1897 pada saat beliau masih berumur 24 tahun.



Siapakah Sainte-Thérèse ?

Sainte-Thérèse
Foto Sainte-Thérèse

Lahir dengan nama lengkap Marie Françoise-Thérèse Martin tahun 1873 di Alençon. Pada saat beliau beranjak satu tahun akhirnya ia bisa tinggal bersama keluarganya di Alençon pada tahun 1874, tadinya ia tinggal dengan seorang pengasuh.

Peti yang diukir dengan wajah kedua orang tua Thérèse
Louis dan Zélie MARTIN

Tetapi pada saat umur empat tahun ibunya meninggal dunia akibat kanker payudara. Ia sangat menderita atas kehilangan ibunya dan kemudian ia memilih saudara perempuannya Pauline untuk menjadi ibu kedua baginya. Pada tahun 1877 ayahnya “Martin” dan lima putrinya menetap di Les Buissonnets, Lisieux untuk lebih dekat dengan kakak dan adik istrinya.

Pada akhirnya ia (Thérèse) pun jatuh sakit dan seluruh keluarganya bedoa pada Tuhan untuk kesembuhannya. Setahun kemudian ia melihat patung Bunda Maria tersenyum padanya dan akhirnya ia disembuhkan dari penyakit yang ia alami.

Thérèse pada masa kecilnya ingin sekali menjadi seorang yang beragama seperti saudara-saudaranya yang lain. Setelah saudara-saudarannya menjadi seorang biarawati tahun 1882 dan 1886,  akhirnya ayahnya menyetujui jika ia ingin menjadi biarawati pada usia 15 tahun.

Pada bulan April tahun 1896, Thérèse terserang hemoptisis. Lima bulan kemudian ia akhirnya meninggal karena TBC di usia 24 tahun.

Apa yang bisa kita lihat di sekitar Basilika ?

Ruangan bawah tanah ( La Crypte ) juga bisa kita temui di bawah gereja

ruangan bawah tanah dibawah basilique

ruangan bawah tanah

Interior dari Basilique
Kubah Basilika St Terese
Basilique Sainte Therese
Basilika pada saat musim semi

Silvi

1 thought on “Basilique Sainte-Thérèse Lisieux Normandie

Leave a Reply

%d bloggers like this: