Kota kecil nan cantik Lyons-la-Forêt

Musim semi saya berkesempatan berlibur setelah merayakan ulang tahun. Hari pertama ketika berpergian, kota yang pertama kami kunjungi adalah Kota Lyons La Forêt.

Kota ini terletak di departemen Euro dikawasan Haute Normandie.

Kami kesini hanya sekedar makan siang dan melihat sekeliling kota, sebelum kami melanjutkan perjalanan ke Rouen yang jaraknya lumayan jauh dari tempat tinggal kami.

Cuaca ketika berpergian lumayan hangat, tetapi ketika kami sampai di Lyons udara sangat dingin bahkan langitpun berwarna abu-abu, beruntung saya membawa syal dan juga beberapa jaket.

Kawasan tersebut bisa dibilang seperti pedesaan. Bahkan hanya sekitar 800 orang yang mendiami kota Lyons, sangking kecilnya kita bisa mengelilingi kota dengan cukup berjalan kaki saja.

Salah satu tempat yang terkenal di Lyons adalah pasarnya. Pasar tersebut dibangun di abad ke-17 dan berbentuk seperti rumah panggung.

Pasar Lyons La Forêt

Saya tidak merekomendasikan jika kalian ingin berkunjung di kota ini  pada saat musim semi, tepatnya di bulan april, mengapa ?

1.  Cuaca

Udara tidak bersahabat sama sekali, cuaca seakan musim dingin, dan juga mendung apalagi untuk kita yang berkulit asia yang tidak tahan dingin. Bahkan untuk pengambilan foto sangatlah susah karena langit berwarna abu-abu.

Hampir semua foto yang telah saya ambil warna langit kebanyakan berwarna putih. Dan saya bukanlah ahli photoshop yang bisa mengedit langit.

2. Restoran

Pada saat kami di Lyons, kami hanya melihat 2 restoran yang buka.

Yang satu harga makanan lumayan mahal dan juga untuk menunya, kami pikir biasa saja. Pada saat bulan april adalah jadwal low season  di peracis dan besar kemungkinan tidak banyak turis yang datang untuk berkunjung.

Karena itu tidak banyak restoran yang buka. Ditambah lagi Lyons adalah kota yang sangat kecil. Kami sangat beruntung bisa makan siang di Le Bistrot du Grand Cerf .

Walaupun tempatnya biasa saja tapi makananya sangat enak.

Saran : sebelum memasuki restoran apa lagi di kota yang kecil, lihat dulu review restoran tersebut agak tidak kecewa ketika makan. 

3. Toko

Usahakan jika berpergian, berkemaslah sehari atau dua hari sebelum jadwal keberangkatan.

Jangan seperti saya, saya mengepak barang pada tengah malam sebelum berangkat akibatnya saya lupa membawa perlengkapan mandi (seperti pasta gigi dan juga sabun wajah) dan beruntung ada satu mini market yang berjualan.

Kami pun membeli pasta gigi dan beserta sikatnya -pengalaman yang tak terlupakan-.

Lyons-la-foret

Ada apa di sekitar Lyons La Forêt ?

Tidak banyak yang bisa dilihat di kota ini, dan hanya bangunan-bangunan tradisional yang masih berdiri kokoh dengan gaya khas batu bata merah.

Bahkan ciri bangunan tersebut agak mirip dengan yang ada di Alsace.

Lyons-la-foret-tulips

lyons-la-foret-bar

lyons-la-foret-rumah-tradisional

lyons-la-foret-sejarah-rumah

Lyons-la-foret-monumen

lyons-la-foret-miniatur

Lyons-la-foret-thumb

Lyons-la-foret-rumah-unik

Jarak tempuh dari arah Paris ke Lyon la Forêt hanya memakan waktu sekitar 1 jam 40 menit. Dan tergantung pada bulan apa jika kalian ingin mengunjunginya. Saya sarankan jangan pergi di bulan agustus.

Karena jalan tol akan sangat mecet di bulan tersebut. Karena bulan agustus sudah termasuk di dalam kalender libur sekolah.

Baiknya pergilah di bulan july untuk menghindari kemacetan dan cuaca dingin.

Silvi

7 thoughts on “Kota kecil nan cantik Lyons-la-Forêt

Leave a Reply

%d bloggers like this: