Surat pengesahan tempat tinggal untuk ke Perancis

Awalnya saya sempat kebingungan untuk pengurusan dokumen yang ini (Attestation d’accueil).

Karena di salah satu list TLS Contact harus malampirkan dokumen tersebut (jika kita ingin mengundang seseorang untuk datang ke Perancis).

Saya pikir cukup dengan adanya kontrak tempat tinggal maka tujuannya sama, dan ternyata sangat berbeda dan sayapun sempat googling sana-sini.

Tetapi masih juga tidak ada titik terang. Akhirnya saya posting pertanyaan di FB, dan untungnya jawaban mereka sangat cepat dan membantu.

Apa sih fungsi surat tersebut ?

Surat pengesahan tempat tinggal atau yang biasa di sebut Attestation d’accueil ini adalah surat yang membuktikan alamat tempat tinggal untuk seseorang yang akan kita undang ke Perancis.

Yang dimana mereka (pihak yang di undang) akan menginap di rumah atau appartement kami (si pengundang).

Fungsi dari surat tersebut yaitu sebagai pengganti bukti reservasi hotel dan salah satu dokumen wajib dan harus di lampirkan ketika ingin membuat visa kunjungan ke Perancis dengan jangka tidak lebih dari 90 hari.

Dan dokumen ini yang mengeluarkan adalah pihak La Mairie (Balaikota) dan di tanda tangani oleh Le maire (Walikota).

Bagaimana cara pembuatannya ?

Sebelumnya, buatlan janji temu via telepon atau datang secara langsung untuk pembuatan Attestation d’accueil di La Mairie yang sesuai dengan tempat tinggal atau dimana kalian berdomisili.

Kemudia, tanyalah dokumen apa yang harus kalian bawa. Jika mereka mempunyai website (seperti pengalaman kami) biasanya daftar dokumen akan tertulis di website tersebut.

Surat pengesahan tempat tinggal untuk ke Perancis

Dan bagaimana dengan pengalaman pribadi saya untuk pembuatan surat tersebut ?

Saya dan si A datang dengan membawa beberapa dokumen yang dimana balaikota kami meminta. berikut daftar dokumen tersebut ;

  • CNI (Carte Nationalité d’Identité) Asli
  • Kontrak rumah atau appartemen Asli
  • Slip gajih terbaru Asli
  • Timbre (istilah indonesianya adalah materai) senilai 30 euro setara dengan rp 485.000 (untuk satu orang, di kalikan saja jumlah orang yang akan di undang)
  • Surat pajak terakhir (le dernier avis d’imposition ou de non imposition ) Asli
  • Surat pajak rumah ( la taxe d’habitation ) Asli
  • Surat bukti alamat, bisa berupa : kontrak sewa rumah / appartement, rekening telepon, kekening listrik, rekening air / gas atau asuransi tempat tinggal Asli
  • Le livret de famille Asli 
  • Dan jangan lupa untuk mengetahui data diri orang yang akan di undang ke Perancis, berupa :  nama lengkap, kebangsaan / warna negara, nomor passport, alamat, hubungan antara pengundang dan yang diundang, tanggal kedatangan dan kepulangan yang terjadwal (sesuai tanggal yang tercantum di dalam tiket pesawat).

Daftar dokumen tersebut adalah milik si A. Pada saat hari janji temu sudah di jadwalkan, kami langsung ke La Mairie dan menjelaskan maksud kedatangan kami dan kemudian mengisi surat dengan melampirkan dokumen yang telah kami bawa.

Proses kira-kira ± 1,5 jam karena harus mengecek keaslian dokumen dan juga mengisi formulir. Contoh formulirnya ada di atas.

Voilà..tanggal 14 november 2017 kami dapat janji temu, keesokan harinya kami langsung mendapatkan telepon dan diminta untuk mengambil “Attestation d’accueil”.

Proses La Mairie kami sangat cepat dan sekali lagi tergantung masing-masing La Mairie ya guys !

Silvi

2 thoughts on “Surat pengesahan tempat tinggal untuk ke Perancis

Leave a Reply

%d bloggers like this: