Apple Crumble Yang Mudah dibuat

Musim gugur, musimnya panen buah apel. Walaupun kalender menyatakan belum tepat musim gugur, buah apel sudah siap di petik disetiap perkebunan. Jadi sekitar dua minggu yang lalu, saya mendapat pesan di WhatsApp ibunya tunangan saya, isinya adalah ; “Bonjour Aku dan si X (ayahnya), kami baru kembali dari perkebunan. Aku catatkan apa yang kami petik hari […]

resep-salad-sayur-dan-daging-bebek-filet-thumb

Resep Salad Sayur dan Daging Bebek Filet

Selamat tinggal musim panas !! ya perasaan inilah yang telah saya rasakan, walaupun sebenarnya musim panas akan berganti tepat pada tanggal 22 september ini. Tetapi cuaca sudah seperti musim gugur, awal bulan september maximal cuaca hanya mencapai +20°C. Dingin dan tidak ada lagi makanan berupa salad. Ketika cuaca sudah mulai dingin, artinya menu masakan kami […]

strawberry-pie-thumb

Strawberry Pie

Beberapa bulan terakhir ini saya lagi semangat-semangatnya belajar masak, mungkin karena faktor hidup sendiri. Jadi apa-apa harus bisa dikerjain sendiri. Contohnya didalam artikel ini yaitu saya membuat “tarte aux fraise”. Karena di perancis pada bulan may adalah musim dimana buah strawberry bermunculan dan sudah memerah kemudian harus dipetik.

bolu-kukus-gula-merah-thumb

Bolu kukus gula merah

Hal yang wajar jika rindu pada suatu masakan dan makanan, apalagi jenis makanannya yang tradisional dan yang paling enak hanya dijual di pasar tentunya juga bikinan sendiri. Nah kebetulan saya ada stock gula merah buatan indonesia asli dan saya pun berhasil membuat kue ini. Makanan seperti ini tidak mudah di dapat khususnya di Perancis, silahkan […]

mie-ayam-bakso-thumb

Mie ayam bakso

Beberapa hari sebelum bulan puasa tiba, saya selalu kepikiran sama Mie Ayam Jakarta apalagi waktu masih jaman SMK. Apalagi cuaca dimusim semi, khususnya ditempat saya tinggal di tengah Perancis yang selalu dingin dibandingkan di bagian selatan, matahari baru kemarin yang benar-benar panas sampai +26°C,  maka saya mulai mengecek stock makanan dan untungnya hampir semua lengkap, […]

Makanan Indonesia

Setelah hampir 16 bulan tinggal di negara Napoléon dan selama itu juga saya belum pernah merasakan pulang kampung atau mudik. Bukannya tidak bisa pulang melainkan tunangan saya takut kalau ada apa-apa di perjalanan, apalagi jika saya perginya sendiri yah terpaksa hanya bisa menunggu ada yang mengharuskan saya pulang baru saya bisa merasakan mudik :D. Jadi […]

Pacarku super Chef ♥

Menyambung tulisanku yang sebelumnya tentang Crêpes. Di hari yang sama setelah aku bikin Crêpes, dessert untuk makan malam dan pacarku pun memutuskan untuk masak Crevettes Flambées au Wisky, menunya dia sendiri yang bikin 🙂 aku sih cuma bantu ngelihatin aja. Ini bukan pertama kalinya dia masak, untuk menu yang ini sudah pernah kami buat waktu kami masih di Indonesia. […]

Soto banjar khas Kalimantan Selatan

Coucou… aku lagi kepingin makan soto banjar nih khas kalimantan selatan, terakhir kali makan soto banjar mungkin ada 7 bulan lalu,… oui, ça fait long temps 🙁 Nah soto banjar ini enak sekali, tapi cara bikinnya itu loh  yang lama bingit… Cara membuat bumbu soto : – Bawang merah dan bawang putih di belender, kemudian […]

Sambal masak

Sekian lama jarang makan pedas, cuma makan sambal botol yang bukan bikinan sendiri, rasanya pasti beda. Kemarin pergi belanja akhirnya ketemu sama si cabe rawit ya beli lah… Pulang-pulang sampe rumah aku pun beraksi di dalam dapur untuk membuat Sambal Masak…

Gado-gado Indonesia

Voilà ini dia gado-gado yang aku bikin buat dinner semalam 😀 caranya mudah…walaupun kami tinggal di Perancis dan susah untuk bikin makanan yang asli Indonesia tapi akhirnya jadi juga kok. Bikin lontongnya yang susah soalnya disini gak ada daun pisang atau pun daun kelapa, jadi kami ngerebus pake pelastik, tapi bukan sembarang pelastik loh…kami menggunakan pelastik […]