Mont Saint-Michel Normandie

Setelah beberapa hari menghabiskan waktu di Saint-Malo dan Dol-de-Bretagne, kami pun tidak lupa untuk mengunjungi Le Mont Saint-Michel.

Le Mont Saint-Michel atau yang di sebut Gunung Saint Michel adalah sebuah pulau berbatu di utara Perancis. Pulau ini terletak sekitar satu kilometer di lepas pantai barat laut negara itu, di mulut Sungai Couesnon dekat Avranches dan penduduk Le Mont Saint-Michel disebut Montois.

Dari zaman prasejarah teluk ini tertutup oleh laut, yang kemudian terus mundur selama bertahun-tahun.

Le Mont Saint-Michel awalnya terhubung dengan daratan utama melalui sebuah jembatan darat alami yang tipis, dan tertutup pada saat air laut pasang dan terlihat pada saat air laut surut. Oleh karena itu Le Mont Saint-Michel mendapat gelar mistik yaitu pulau pasang.

Pada tahun 1879, jembatan darat alami tersebut akhirnya dibangun menjadi sebuah causeway agar siapa pun yang mau ke Mont Saint-Michel bisa melewati causeway tersebut.

_MG_1503
Causeway Le Mont Sait-Michel

Katanya sih, menurut legenda, malaikat Michael menampakkan diri kepada St. Aubert, Uskup Avranches, pada tahun 708 dan memerintahkan ke St. Aubert untuk membangun sebuah biara di pulau tersebut. Tapi St. Aubert beberapakali mengabaikan instruksi perintah malaikat tersebut, sampai malaikat Michael murka dan membuat lubang di tengkorak uskup tersebut dengan jarinya.

Di abad ke-10, akhirnya biara pun di bangun, sementara desa berlokasi di bawah dinding biara. Dengan berjalannya waktu pada abad ke-14 ini di tambahlah sepanjang kaki batu di Mont Saint-Michel.

Sebelum pembangunan pada abad ke-8, pulau ini disebut Mont Tombe.

_MG_1547
Le Mont Saint-Michel Abbey atau Biara

Yuk ikut aku agar bisa sampai ke biara tersebut hehehe… 😀

_MG_1462
Di depan restaurant yang terkenal karena omelet telurnya, namanya La Mère Poulard yang ada di Mont Saint-Michel

Tapi sebelumnya ke kantor turis informasi dulu ya, biar dapat peta, takutnya nanti kita nyasar hehehe… karena biara ini sangat besar aku aja sampe capek jalan… 🙁

_MG_1463
Ini jalan masuk ke Mont Saint-Michel
_MG_1465
Selfie dulu ya di keramaian
_MG_1466
Melewati jalan kecil di antara bangunan agar cepat sampai ke atas biara 😉
_MG_1467
Mampir dulu photo-photo di depan rumah penduduk 😀
_MG_1469
Ini di makam loh, tuh biaranya sudah kelihatan bentar lagi sampai 🙂
_MG_1475
Pemandangan dari atas biara, yang di kelilingi pasir… konon sih ada seseorang yang mati di dalam quicksand yang di dekat Mont Saint-Michel

Di bawah ini adalah tahap pembangunan Biara Mont Saint-Michel :

_MG_1493
Pengembangan biara pada abad ke-10
_MG_1494
Pengembangan biara pada abad ke-11 sampai 12
_MG_1496
Pengembangan biara pada abad ke-17 sampai 18
_MG_1497
Pengembangan biara pada abad ke-19 sampai 21
_MG_1498
Pembangunan Patung Archangel Michael di atas puncak menara

_MG_1460

_MG_1500
Patung Archangel Michael di atas puncak menara masa kini

_MG_1477

_MG_1485
Takut kening gosong dan aku tutup pake map ini hehehe
_MG_1486
Hey… aku di perancis heheheh

_MG_1491

_MG_1505

_MG_1506 _MG_1507 _MG_1530

_MG_1514

_MG_1528
harus pegang batu ini, mitos sih katanya biar beruntung dalam segala hal

_MG_1480

_MG_1459

Disana juga ada 4 museum, bagi pencinta museum pasti suka, kalau aku cuma masuk 2 museum, karena gak cukup waktu dan juga kecapek’an jalannya. Jadi tiket pun di buang percuma harganya 9 €   tergantung usia  untuk 4 museum, katanya berlaku seumur hidup hehehe…

Menghabiskan waktu seharian di Mont Saint-Michel terasa capeknya, akhirnya kami pulang mengunakan bis terakhir jam 6.25 sore, jangan lewat dari jam itu ntar susah pulangnya, kalau berkendaraan pribadi sih it’s ok tapi kaya kami ini bisa pusing kepala, gak mungkin dong jalan kaki yang ada tar pingsan di jalan 😀

Cuss Mont Saint-Michel ke Pontorson, akhirnya sampai juga cuma 10 menit’an lah di jalan via bis.

Besoknya kami keliling menggunakan sepeda dari Pontorson ke Sougéal, masih di sekitar Bretagne kok…

di tunggu post selanjutnya ya 😉

5 thoughts on “Mont Saint-Michel Normandie

Leave a Reply

%d bloggers like this: