Soto banjar khas Kalimantan Selatan

Coucou… aku lagi kepingin makan soto banjar nih khas kalimantan selatan, terakhir kali makan soto banjar mungkin ada 7 bulan lalu,… oui, ça fait long temps 🙁

Nah soto banjar ini enak sekali, tapi cara bikinnya itu loh  yang lama bingit…

Cara membuat bumbu soto :

– Bawang merah dan bawang putih di belender, kemudian di masak sama seperti cara memasak sambal ini, tetapi hanya saja tanpa di tambahkan garam dan gula. Setelah bumbu jadi kemudian aku memasak bahan yang lain. Banyak atau sedikit bawang tergantung selera. Tapi lebih banyak bawang lebih enak rasanya 🙂

– Rebus ayam sampai mendidih kedalam 2 liter air, setelah agak empuk matikan kompor.

sotobanjar-akudiperancis (1)
Seperti ini, karena kami hanya ber empat jadi hanya segini yang akan di masak

– Sambil menunggu ayam masak, kita bikin perkedel kentang.

Bahan :

1. Kentang 300 gram

2. Satu butir telur kocok

3. Tepung terigu 2 sdm

4. Sedikit seledri dan garam

5. Minyak untuk menggoreng

Cara membuat perkedel kentang :

* Kentang di kupas terus di goreng sampai kecoklatan kemudian di tumbuk sampai halus. Ketika kentang sudah halus, tambahkan seledri, bumbu soto yang sudah jadi tadi, dan sedikit garam, aduk rata.

* Setelah semua bumbu di dalam kentang menjadi satu, bentuk adonan kentang tersebut menjadi oval. Ketika sudah di bentuk, lumuri kentang tersebut dengan tepung terigu kemudian masukan ke dalam kocokan telur.

* Kemudian goreng kedalam wajan yang sudah panas sampai warna kecoklatan.

sotobanjar-akudiperancis (5)
Hasilnya akan tampak seperti ini

– Bahan pelengkap lainnya :

1. Telur rebus

2. Bihun

sotobanjar-akudiperancis (3)
Bihun yang di tambahkan sedikit seledri

3. Nasi putih.

Seharusnya sih menggunakan lontong, tapi karena di sini tidak ada daun pisang atau ketupat akhirnya menggunakan nasi aja, mau ngerebus nasi pakai pelastik seperti kebanyakan di indo bikin lontong tapi di sini di rumah ini mereka tidak mau makan nasi pakai pelastik yang di rebus, katanya sih tidak baik untuk kesehatan… bener juga sih 🙂 jadi harus pake pelastik yang bisa di rebus. Seperti waktu itu aku bikin gado-gado lontong aku rebus pake pelastik yang bisa di rebus tapi agak lama bikin lontongnya…

Baiklah setelah semua bahan pelengkap soto sudah jadi, saat nya membuat kuah nya ya, seperti ini 😀

– Nyalakan kompor yang ayam tadi sudah di rebus, masukan semua sisa bumbu soto, tambahkan cengkeh, kayu manis, garam,merica putih, seledri dan daun bawang. sesuai selera kalian ya… 

Setelah mendidih matikan kompor.

Note : Kalau mau lebih enak rasa kuah soto tambahkan, masako ayam dan micin pasti lebih enak,.. Kalau aku tidak pakai kedua bahan ini, karena lagi-lagi orang sini tidak suka, dan lagi-lagi untuk kesehatan.

– Ayam yang di dalam kuah soto tersebut di keluarkan kemudian goreng sampai kecoklatan dan suir-suir atau potong kecil-kecil, tapi harus tunggu dingin dulu kalau mau di suir 😀 kalau tidak tangan kalian akan terbakar karena panas.

sotobanjar-akudiperancis (4)
Setelah di suir / potong kecil tanpa tulang, ayamnya akan tampak seperti ini

Oke saatnya menyiapkan soto untuk makan malam kami, caranya :

Masukan nasi kedalam mangkok, kemudian masukan bihun, ayam, telur dan perkedel…

sotobanjar-akudiperancis (6)
Semua sudah masuk dalam mangkok
sotobanjar-akudiperancis (8)
Kemudian masukan kuah soto tersebut, kuahnya harus panas ya kalau mau di sajikan

Sebelum mulai makan, tambahkan perasan jeruk nipis, kecap manis / asin dan sambal… Selamat makan 😀

sotobanjar (2)
Bagi ku soto banjar belum lengkap tanpa es teh 🙂
sotobanjar (4)
Dan dia pun senang sudah ada soto banjar

Karena aku ada suku banjar nya jadi wajar kalau sampai kangen makanan ini.

Saran ku :

Sebelum masak tutup pintu dapur ya, agar mengurangi aroma soto yang menyebar di seluruh ruangan rumah dan jangan lupa mandi setelah masak karena dari rambut sampai ujung kaki ku berasa aroma soto 🙂

Selamat mencoba resep soto banjar ku di Perancis 😀

Leave a Reply

%d bloggers like this: