14 Juillet : Hari kemerdekaan Perancis

Hari Kemerdekaan / National  Perancis jatuh pada setiap tanggal 14 juli.  Di Perancis, nama resminya adalah La Fête Nationale (Perayaan Nasional) dan umumnya Le quatorze juillet atau yang di sebut dalam bahasa indonesia Empat Belas Juli. Hari national ini di sebut juga dengan nama Bastille Day.

Hari libur national ini memperingati penyerbuan Bastille pada tanggal 14 Juli 1789.

Bastile adalah kastil / benteng, dan Bastille ini pertama kali dibangun pada abad ke 13, kegunaannya untuk pelindungan atas Paris. Kemudian pada abad ke 17 Bastille digunakan sebagai penjara.

Serbuan ke Bastille pada tanggal 14 Juli 1789 oleh kerumunan massa menandai awal mula Revolusi Perancis.

Pesta dan upacara resmi diselenggarakan di seluruh Perancis. Parade militer tertua dan terbesar di Eropa diadakan pada pagi hari 14 Juli, di Jalan Champs-Élysées, Paris, di hadapan Presiden Republik, pejabat pemerintahan Perancis, dan perwakilan asing.

Dan tanggal 13 juli tepatnya pada malam hari jam 11 malam di seluruh Perancis menyalakan kembang api atau yang di sebut Feu d’artifice…

Berikut photo kembang api yang di selenggarakan di daerah tempat tinggal kami, dan di nyalakan di atas sungai terbesar di Perancis, yaitu La Seine :

14juillet-akudiperancis (3) 14juillet-akudiperancis (4) 14juillet-akudiperancis (5) 14juillet-akudiperancis (7)
14juillet-akudiperancis (12) 14juillet-akudiperancis (13)

Bukan hanya kembang api saja yang di adakan, tetapi ada live music juga sampai jam 2 malam.

14juillet-akudiperancis (14) 14juillet-akudiperancis (15)

Sayangnya keesokan harinya aku tidak pergi ke Paris untuk melihat kelengkapan acaranya, di karenakan di Paris pasti sangat rame dan sesak oleh warga Perancis tepatnya Paris. Jadi lebih baik di rumah aja 🙂

Leave a Reply

%d bloggers like this: