Halloween dan Jack-O’-Lantern Pertamaku di Perancis

Kata Halloween atau Hallowe’en, awal bermula pada tahun 1745. Kata “Halloween” berarti “malam keramat” (Hallowed Evening) / “malam suci” (Holy Evening) atau malam hari raya orang kudus (All Hallow’s Day).

Perayaan tersebut mengawali peringatan Allhallowtide. Allhallowtide adalah “waktu untuk mengingat kematian”

Halloween ini dirayakan oleh kekeristenan barat dan juga non-Kristen di seluruh dunia pada setiap tanggal 31 oktober.  Dan biasanya Halloween ini dirayakan terutama oleh anak-anak dan anak-anak tersebut berkeliling ke rumah tetangga untuk meminta permen atau coklat (trick or treating), membuat pesta kostum, membuat Jack-O’-Lantern (labu yang diukir).

Mau tau Jack-O’-Lantern buatan ku seperti apa ? kalian bisa lihat di bawah ini 🙂

Ini dia Jack O Lantern ku, didalamnya ada sebuah lilin dan di nyalakan pada malam hari
Ini dia Jack O Lantern ku, didalamnya ada sebuah lilin dan di nyalakan pada malam hari

Cara membuatnya mudah sekali,bahan yang diperlukan adalah

1 Buah pisau tajam

1 Buah labu, ukurannya sesuai dengan yang kalian mau

Pensil untuk menggambar labu

Lilin

Labu tersebut di gambar, mau model yang bagaimana, bisa kalian lihat disini. Setelah selesai di gambar potong bagian atas labu untuk tutupnya kemudian keluarkan biji dan setengah daging labu. Kemudian labu dipotong sesuai gambar tersebut.

Seperti ini bagian atas labu yang harus dipotong dan jangan lupa menggunakan celemek agar baju tidak kotor :D Pacar yang baik, dia yang ngegambar dia juga yang ngeluarin isi labu, karena keras sekali jadi aku minta dia yang ngerjain, eitss tapi yang potong muka labunya aku yang ngerjain loh :)
Seperti ini bagian atas labu yang harus dipotong dan jangan lupa menggunakan celemek agar baju tidak kotor 😀 Pacar yang baik, dia yang ngegambar dia juga yang ngeluarin isi labu, karena keras sekali jadi aku minta dia yang ngerjain, eitss tapi yang potong muka labunya aku yang ngerjain loh 🙂
Biji labu ini bisa dimakan, dan harus di oven agar menjadi kuaci biji labu. Tapi sayangnya waktu itu tidak kita makan jadi terbuang percuma, karena kelupaan :(
Biji labu ini bisa dimakan, dan harus di oven agar menjadi kuaci biji labu. Tapi sayangnya waktu itu tidak kita makan jadi terbuang percuma, karena kelupaan 🙁
Voilà hasilnya seperti ini
Voilà hasilnya seperti ini

Setelah tersebut jadi kemudan masukan lilin, letakan di depan rumah dan nyalakan lilin yang ada didalam labu pada malam hari, maka anak-anak akan datang kerumah untuk meminta permen karena ada si Jack-O’-Lantern tersebut dan mereka tau kalau kami menyediakan permen.

Merekapun datang dengan makeup dan kostum Halloween.

Karena pada jam 5 sore matahari sudah mulai terbenam, akupun mulai menyalakan lilin tersebut
Karena pada jam 5 sore matahari sudah mulai terbenam, akupun mulai menyalakan lilin tersebut
Sudah nyala, tinggal menunggu malam
Sudah nyala, tinggal menunggu malam
Jack-O'-Lantern akan terlihat seperti ini pada malam hari
Jack-O’-Lantern akan terlihat seperti ini pada malam hari

Leave a Reply

%d bloggers like this: