Tahun baru di Perancis

Tahun Baru !!

Pertama-tama pasti yang ada di pikiran yaitu bakar-bakar atau nama yang lebih kerennya BBQ, ya asal jangan bakar rumah. Atau juga party ke sebuah Club malam.

Kalau di Indo tradisi tahun baru bakar jagung, ayam atau ikan dan pastinya ada kembang api dan lebih seru lagi ngumpul bersama keluarga besar. Biasanya 2 minggu sebelum tahun baru para pedagang jagung sudah banyak di pinggir jalan. Sampai-sampai ada pembeli yang pesan berkarung-karung jagung.

Jam 8 malam sudah mulai bakar jagung, dan ketika jagung sudah masak terus dioles perasan air jeruk nipis yang di campur cabe rawit duh enaknya 🙁 

Lain halnya tahun baruku di sini, karena tahun baruannya jatuh di musim dingin jadi tidak ada yang namanya bakar-bakar, mau bakar-bakar bagaimana kalau cuaca lagi dingin hehehe 😀  

Nah pasti penasaran dan bertanya-tanya, bagaimana sih tradisi tahun baru di Perancis ?

Baiklah daripada penasaran dan mau tau maka aku akan berikan sedikit informasi dan sedikit bercerita. Pacarku adalah anak tunggal jadi wajar ditempat tinggal kami hanya ada aku, kedua orang tuanya dan dia jadi kami hanya berempat ketika merayakan tahun baru di rumah. Kami memutuskan untuk tidak pergi ke menara Eiffel hanyak untuk melihat kembang api karena disana pasti banyak orang dan juga macet.

Jadi ingat tahun baru di Kuala Lumpur 2 tahun lalu, kami berdua pulang berjalan kaki karena tidak ada kendaraan, mau naik taxi pun tidak bisa jalan dan kereta api ditutup. alhasil keesokan harinya kaki pegel 😀

Tanggal 31 december 2015, jam 8 malam kami sudah mulai dengan yang namanya apéritif. Mau tau apa itu apéritif ? hal yang seperti ini sudah pernah aku post di artikel sebelumnya, bisa di lihat disini.

Berikut ini adalah tahapan-tahapan makan malam kami :

  • Hidangan pembuka pertama

makan malam di tahun baru

  • Hidangan pembuka kedua

makan malam di tahun baru

Makan malam di tahun baru

_MG_8727

  • Hidangan utama

tahun-baru-diperancis (1)

tahun-baru-diperancis (2)

tahun-baru-diperancis (3)

  • Hidangan penutup

tahun-baru-diperancis (5)

tahun-baru-diperancis (4)

Semua menu ini ibunya pacarku yang masak bukan beli atau take away dari Restaurant loh 😀 walaupun tidak ada sambel atau cabe rawit aku tetap lahap makannya, karena sudah hampir 1 tahun disini jadi aku sudah sedikit terbiasa makan tanpa yang pedas-pedas.

 

Selamat Tahun Baru 2016

2 thoughts on “Tahun baru di Perancis

Leave a Reply

%d bloggers like this: