Château de Chambord, Val de Loire

Château de Chambord !!

Apakah ada yang mau tau tentang tentang salah satu Château / kastil / istana yang terkenal di dunia ini ?

Menyambung blog sebelumnya yang ini nih, yuk diklik.

Keesokan paginya, sekitar jam 8.30 kami pun pergi ke Château de Chambord. Untuk sampai sini Chambord dari Blois hanya sekitar 50menit, tapi kalau tidak macet, karena jam segini banyak orang-orang yang pergi kerja 😀

Kami memutuskan untuk pergi lebih pagi kerena setelah dari Chambord kami akan ke Cheverny, untuk melihat Château si Tintin, kalian tau kan Tintin ? nanti saya akan post tentang château de cheverny…

Chambord (22)
Dari depan Château

Nah Château de Chambord ini sangat besar, waktu 3 jam saja tidak akan cukup untuk melihat seluruh isi didalam château tersebut, belum lagi ngejar jam makan siang, tau kan restauran di Perancis kalau sudah lewat dari jam 2 atau 2.30 siang kadang sudah tidak menerima tamu, dan juga pada saat musim dingin banyak restauran yang tutup berbeda sekali kalau musim panas, jadi harus ngejar waktu dikit lah.

Pada hari itu cuaca sangat tidak mendukung, angin kencang dan hujan, alhasil payung kami 1 rusak karena tertiup angin hehehehe. Tiba-tiba aja pas keluar eh ada angin kencang jadinya si payung terbalik 🙁 rusak dong yah payung orang tua si pacar 😀

Chambord (3)
Ketika masuk di bagian Château terlihat bangunan seperti ini 🙂 indah sekali kan ?

Liburan musim dingin dimana-mana banyak yang tutup alias sepi, dan tidak banyak turis dibandingkan pada saat musim panas. Tapi enak juga sih liburan kalau lagi sepi turis, jadi tidak berdesak-desakan kalau didalam ruangan :D. Mau berphoto beberapa puluhan kali juga tidak apa-apa 😀 #maklumnarsisdikit.

Château ini adalah salah satu châteaux yang paling dikenal di dunia karena arsitektur Renaisans Perancis  yang khas sekali dengan memadukan bentuk-bentuk tradisional Perancis pada abad pertengahan dengan struktur Renaisans klasik.

Chambord (19)

Abad ke-15 tepatnya tahun 1519, raja muda yaitu François 1er, waktu itu si François masih berumur 25 tahun ketika ia mulai membangun Château tersebut.  Arsiteknya adalah Boccador seorang arsitek dari Italia.

Château de Chambord dibangun  sebagai rumah / kediaman François untuk berburu, maklum si F suka berburu 😀 tetapi arsitekturnya membuat château tersebut boros karena si château mempunyai panjang 156 meter dan tinggi 56 meter dengan 77 tangga, 282 perapian dan 426 ruangan. Besar sekali kan,entah muat menampung berapa orang kalau bangunan sebesar itu 🙂

Makanya saya berasa capek sekali setelah keliling disini 😀

Chambord (8)
Perapian Château de Chambord, bau asap jadinya setelah berdiri di depan api 😀 Ini adalah 1 dari 282 perapian yang ada didalam Château

François 1er memerintah selama 32 tahun, tetapi ia menghabiskan hanya 72 hari di Château de Chambord, François pun tidak pernah melihat proyeknya châteaunya selesai sampai dia tutup usia pada tahun 1547 hanya beberapa bagian dari bangunan saja yang sempat dia lihat.

Kemudian bagunan tersebut diselesaikan oleh anaknya yaitu Henri II. Dan juga Louis XIV, keduanya suka berburu dan bertanggung jawab untuk membuat Chambord agar tetap terlihat seperti sekarang ini.

chambord (24)
Taman Château bagian depan, di depannya lagi adalah hutan tempat raja-raja chambord berburu pada masa itu 🙂

Ada apa aja sih didalam Château ? sebenarnya masih banyak foto yang mau dikasih lihat, tapi nanti malah kaya album foto 😀

ya sebagian aja yang di share, silahkan lihat dibawah ini 😀 tapi harap maklum ada beberapa foto yang tidak ada rinciannya, karena kelupaan 🙁 

  • Tangga ganda Spiral

Di dalam Château ini yang terkenal adalah tangga ganda spiral, untuk menghubungkan château ke tiga lantai. Nah saya dan sang pacar melewati tangga yang berbeda tetapi karena tangga ini berbentuk spiral maka kami tetap bertemu di lantai atas 😀

Chambord (16)
Tangga terlihat dari bawah
Chambord
Inisial F untuk François, dan disebelahnya adalah simbol kerajaan pada masa itu.
Chambord (15)
Dibelakang saya ini juga ada tangga spiral, tetapi terletak diluar, tangga ini bisa menghubungkan kelantai yang didalam.
  • Alat pemanas makanan pada masa itu

Chambord (9)

Chambord (10)
Ini adalah corak yang ada pada pemanas makanan
  • Ruang kereta kuda

Kereta kuda didalam ruangan ini dibangun pada tahun 1871 oleh  coachbuilder (Produsen tubuh untuk mobil dan Produsen lengkap kendaraan yang ditarik kuda) tapi tidak pernah mereka gunakan. Untuk pelana kuda mereka memesan dari Hermès, perusahaan terkenal di Paris.

Kereta kuda seperti inilah yang dipakai oleh Raja, Ratu dan bangsawan-bagsawan lainnya.

chambord (26)

Chambord (5)

chambord (25)

Chambord (6)

Chambord (13)

chambord (28)

Chambord (21)

Tokoh-tokoh yang terkenal yang pernah tinggal di Chambord :

  • François 1er (1494-1547) Raja dari Perancis, memerintahkan untuk membangun sebuah château, yaitu Château de Chambord.
  • Gaston d’Orleans (1608-1660) Saudara dari Louis XIII, tinggal di Chambord dan Blois dari tahun 1643 sampai 1643 dan 1652 sampai 1685.
  • Louis IV (1638-1715) Raja dari Perancis, tinggal di Chambord sembilan kali antara 1660 dan 1685.
  • Stanislaus Leszcynski (1677-1766) Raja yang diasingkan dari Poland dan ayah mertua dari Louis XV tinggal di Chambord dari tahun 1725-1733.
  • Maurice de Saxe (1696-1750).
  • Henri d’Artois atau Duc de Bordeaux (1820-1883) Cucu dari Charles X.
  • Pemerintah Perancis kemudian membeli dari  ahli waris Comte de Chambord  pada tahun 1930.

Pacarku, merci ya sudah mau ambilin foto disetiap liburan kita, walaupun kadang sampai beratus-ratus bahkan sampai ribuan foto yang  harus saya seleksi dan proses sendiri kalau  sudah pulang belibur, terima kasih juga sudah support bikin blog 1 tahun ini 😀  Je t’aime ❤

(untungnya punya pacar bisa bahasa indon jadi tidak perlu diterjemahkan alias translate)

 

Harga tiket masuk ke Château de Chambord  :

18 tahun kebawah : GRATIS

 25 tahun keatas : 9 – 11 €

Warga negara Eropa Gratis 18-25 tahun 🙂

Alamat :

Château, 41250 Chambord 

FRANCE

Saran : 

Kalau kesini lebih baik menggunakan kendaraan pribadi, karena yang aku lihat tidak ada akses kereta api mau pun bis 🙂 dan juga château ini tidak terletak di tengah-tengah kota.

Oh iya,untuk memerkir kendaraan pribadi tempatnya luas kok, hanya bayar 6 € untuk 1 hari.

Jika ingin bertanya silahkan email ke : aku.di.perancis@gmail.com

9 thoughts on “Château de Chambord, Val de Loire

  1. Hahaha, itu maksudnya kalau warga negara Eropa harus citizen kah? Aku sukanya di Prancis terkadang asal ada izin tinggal resmi jangka panjang di Uni Eropa, beberapa tempat bisa menggratiskan tiket masuk juga loh 😛

    1. Iya Zilko untuk yang emang bener2 citizen gratis masuk untuk di Chambord tpi cuma sampe umur 25 thn…kalo ak udah lewat setaon jadi kemana-mana bayar 🙁 maunya sih masih tetap umur di bawah 25 hehehe biar gratis gitu

Leave a Reply

%d bloggers like this: