Château de Cheverny di dalam komik Tintin, Val de Loire

Setelah dari Chambord yuk kita pergi ke Cheverny, mau tau untuk bagaimana cara untuk sampai ke Château yang ada di dalam komik “Pertualangan Tintin” ini ?

Cheverny (8)

Perjalanan hanya 28 menit’an dari Chambord ke Cheverny. Lokasinya berdekatan kok dengan Blois (tempat saya menginap).

Cheverny ini adalah salah satu château yang terkenal di kawasan Loire, pada masa itu Château de Cheverny adalah salah satu rumah megah pertama yang terbuka untuk umum ditahun 1922.

Château ini mempunyai taman yang sangat besar lihat saja photo yang dibawah ini pohon natalnya besar sekali 🙂 dan juga mereka mempunya anjing berburu lebih dari 100 ekor. Disini juga selalu ada acara special yaitu memberi makan anjing pada setiap bulan april -september, anjing tersebut diberi makan daging setiap hari pada jam 5 sore dengan total lebih dari 400kg daging.

Cheverny (4)
Pohon asli yang dihias untuk menyambut Natal
Cheverny (1)
Kandang anjing dibuat pada tahun 1850 dan direnovasi pada tahun 2012.

Di area Château ini juga terdapat taman. Taman tersebut ditanami berbagai macam sayuran, bunga dan juga rempah-rempah. Tapi karena sekali lagi ini masih suasana natal maka taman tersebut dihiasi dengan dekorasi natal 🙂

Cheverny (2)

Sedikit cerita tentang Château de Cheverny.

Ada seorang bangsawan dari Cheverny yang bernama Henri Hurault, selain bagsawan si Henri juga seorang bendahara Letnan Jenderal dan Militer untuk Louis XIII dan salah satu keluarga dari seorang ahli keuangan dan juga petugas terkenal yang melayani beberapa raja-raja Perancis. Kemudian ia membeli tanah di Cheverny dan membangun tempat tinggal , kepemilikan properti dari keluarga Huraults hanya bertahan selama lebih dari 6 abad.

Cheverny (7)

Properti ini sempat dua kali kali pindah tangan dari keluaraga Huraults, yang pertama yaitu pada abad ke-16 waktu itu Diane de Poitiers membeli dengan maksud untuk mengawasi renovasi istananya di Chaumont sur loire, setelah disingkirkan dari Chenonceau oleh Catherine de Medici. Untuk Chenonceau ditunggu artikel selanjutnya 😀

Dan yang kedua kalinya yaitu pada abad ke-18 ketika seorang putri dari ahli waris pendiri château tersebut kehilangan minat dalam warisan mereka Cheverny kemudian jatuh ke dalam beberapa tangan dan akhirnya sampai kepada Anne-Victor Huraults, Marquis de Vibraye untuk membeli kembali château nenek moyangnya di tahun 1825. Tetapi selama Revolusi Perancis, Cheverny menjadi milik Jean Nicolas Dufort de Cheverny.

Yuk kita lihat isi dari Château de Cheverny 🙂

  • Ruang makan

– Ruangan in terdiri dari 34 panel kayu yang di gambar oleh Jean Monier mengilustrasikan Don Quixote, terdapat di dalam novel  Spanyol karya Cervantes yang paling terkenal dan disukai di abad ke-17. Untuk kursi -kursi ini rodanya terbuat dari tulang domba “os de mouton” dan perapian ini bergaya neo-Renaissance, dicat dengan emas murni, atasnya ada sebuah patung Raja Henry IV, Henry IV adalah  seorang metri dan ayah dari Earl Henri Hurault. Di abad ke-18 ruangan ini bisa memuat sampai 30 tamu untuk makan disini.

Cheverny (9)

Cheverny (10)

  • Sisi Tangga

Tangga dirancang dengan ciri khas dari Louis XIII, bergaya lurus dan tidak spiral, tidak seperti di Chambord 😀 . Diukir didalam batu dengan berbagai macam motif seperti, karangan bunga, buah-buahan dan simbol-simbol terhadap seni.

Cheverny (12)

  • Apartemen pribadi
Cheverny (14)
Ruangan dimana para ibu memperlihatkan bayi mereka yang baru lahir dengan ayunan bayi bergaya kerajaan yang terbuat dari kayu mahoni, maaf ya photo ayunanya terpotong 🙂
Cheverny (15)
Ruangan ini ruang hias untuk wanita, disebelah kanannya adalah tempat duduk kecil untuk wanita kalau mereka ngumpul-ngumpul dan berdiskusi, tapi sayang tidak masuk didalam photo ini 😀
Cheverny (16)
Ini adalah kamar anak, dengan kuda goyang pertama dari waktu Napoléon III
Cheverny (18)
Ini adalah ruang pengantin, seperti yang kalian lihat gaun pengantin tahun 1994 dari Marquise de Vibraye. Disebelah kiri bagian belakang adalah kamar mandi, dengan ciri khas bakmandi pada abad ke-19 yang terbuat dari tembaga agar airnya tetap panas.
Cheverny (19)
Dapur
Cheverny (20)
Ruang makan
Cheverny (21)
Ruang tunggu
  • Ruangan Senjata

Bagian yang lebih besar dari château yaitu, gudang senjata. Didekorasi oleh Jean Monier, untuk memamerkan koleksi senjata dan baju besi pada abad ke-15, ke-16 dan abad ke-17. Baju besi kecil milik Duke de Bordeaux dan Pangeran Chambord, kemudian ditawarkan kepada Marquis of Vibraye.

Cheverny (22)

  • Kamar tidur raja

Kamar tidur ini disediakan hanya untuk raja dan tamu-tamu terhormat lainnya. Didalam ruangan ini terdapat beberapa koleksi permadani hiasan dinding, permadani ini dibuat sekitar tahun 1640.

Cheverny (23)

  • Kapel
Cheverny (25)
Kapel ini berukuran persegi dan memperlihatkan hiasan dari Louis XIII. Pada abad ke-19 ditambahkan pula kayu pidato dan kaca patri untuk kapel.
  • Perpustakaan

Cheverny (28)

Di area château terdapat juga tempat pameran Tintin,  😀 tunggu artikel selanjutnya ya…

Harga tiket masuk :

15  € / orang (sudah termasuk melihat expo Tintin) 

Parkiran mobil GRATIS 🙂

Alamat :

Château de Cheverny, Avenue du Château
41700 CHEVERNY

 FRANCE

Catatan  🙂 :  Untuk sampai sini kalau langsung dari arah Paris hanya 2 jam dengan menggunakan kereta api atau mobil. Kalau menggunakan mobil harus melalui jalan tol A10 dan keluar melalui jalan n°17 Blois sekitar ± 190KM.

11 thoughts on “Château de Cheverny di dalam komik Tintin, Val de Loire

    1. Heheh makasih Adia 😀 gg bisa disentuh krn ada pagernya 🙁 Btw adia koment lewat reader ya ? gg masuk ih di artikelnya…

Leave a Reply

%d bloggers like this: