Château de Chenonceau, Val de Loire

Bienvenue à Château de Chenonceau !!

 

Mungkin artikel kali ini agak sedikit banyak foto dan informasi didalamnya, yah harap maklum karena Château kali ini banyak sekali ruangan-ruangan yang dikunjungi dan dilihat 😀 tapi tidak semuanya kok yang saya upload diartikel ini, jangan bosan-bosan ya ikut tour bersama saya 😀

Château de Chenonceau atau yang dikenal dengan sebutan The Ladies Château ini terletak tepat diatas sungai Cher, dikota kecil yang bernama Chenonceau,masih di negara Perancis juga kok 😀

Mengapa disebut The Ladies Château ?
Karena dari abad 15 sampai abad ke-19 yang mempinpin Château de Chenonceau adalah para perempuan. Dibawah ini daftar nama perempuan-perempuan yang sudah pernah memimpin di Château tersebut :

  1. Diane de Poitiers
  2. Catherine de’Medici
  3. Louise de Lorraine-Vaudémont
  4. Louise Dupin
  5. Marguerite Pelouze
  6. Simonne Menier

Nah setelah membeli tiket masuk kami mendapatkan buku panduan kecil , panduan tersebut diberikan agar tidak nyasar 🙂 dan sesuai urutan apa yang harus dilihat diarea Château de Chenonceau ini. Yuk

  • Labirin

Labirin ini terletak ditempat terbuka di 70 hektar tanah, labirin dengan ciri khas Italia adalah seperti yang diinginkan oleh Catherine de’Medici, ditanam sekitar 2000 tanaman yews dan menutupi tanah lebih dari 1 hektar. Dibagian tengah labirin tersebut adalah sebuah gazebo dibangun agar bisa melihat disekeliling dengan jelas. Disekitar labirin juga ada pilar-pilar Apollo, Pallas, Hercules dan Cybele.

Chenonceau (1)
Labirin
Chenonceau (4)
Pilar Apollo, Pallas, Hercules dan Cybele
  • Menara Marques

Untuk membangun Château de Chenonceau disungai Cher pada abad ke-16 Thomas Bohier dan istrinya Katherine Briçonnet menghancurkan benteng dan pabrik milik keluarga Marques dan meninggalkan sedikit sisa bangunan yang masih berdiri yaitu : La tour des Marques, yang dimana bangunan tersebut mereka perbaiki dengan gaya Renaisans.

Chenonceau (33)

  • Pintu masuk Château

Berjalan menuju bagian dalam Château maka kami melewati pintu yang sangat mengesankan ini. Kembali ke masa François I, pintu ini dibuat dari ukaran kayu dan dicat, simbol beruang disebelah kiri artinya adalah lengan Thomas Bohier dan sebelah kanan adalah istrinya yaitu Katherine Briçonnet -pembangun Château de Chenonceau-.

Dan dibangian atasnya adalah simbol kadal dari François I dengan bertulisan latin yaitu : “FRANCISCUS DEI GRATIA FRANCORUM REX – CLAUDIA FRANCORUM REGINA” yang berati (François, oleh kasih karunia Tuhan, Raja Perancis – Claude, Ratu Perancis)

Chenonceau (34)
Pintu masuk utama
  • Ruang Penjaga

Ruangan ini adalah ruangan untuk para penjaga yang bertugas untuk menjaga keluarga kerjaaan.

Chenonceau (10)

  • Kapel

Dari ruangan penjaga tadi, kami masuk ke dalam Kapel. Jendela kaca kapel yang asli sudah hancur karena bom pada tahun 1944, kemudian dibikin kembali oleh Max Ingrand pada abad ke-20  tepatnya tahun 1954.

_MG_9597

  • Kamar tidur Diane de Poitier

Ini adalah kamar tidur wanita favorite Raja Henri II, yaitu Diane de Poitier, kepadanyalah Raja Henri II memberikan Chenonceau. Tahun 1559 kematian Raja Henri II, tewas dalam pertempuran yang sederhana selama turnamen oleh Gabriel Montgomey, kapten penjaga Skotlandia. Jandanya yaitu Ratu Catherine de’Medici kemudian memiliki Château de Chenonceau yang diberikan kembali kepadanya oleh Diane dalam pertukaran Chaumont-sur-Loire.

Bingung ya ceritanya 😀 ya namanya juga Raja kan jadi ada selir-selirnya tapi istri sahnya si Henri II hanya Catherine kok 🙂 

Perapiannya dibuat oleh Jean Goujon, pengukir dari Perancis,dan perapian tersebut ia ukir dengan inisial Henri II dan Catherine de’Medici (seperti yang ada di langit-langit juga) :  H dan C, ketika inisial C terkait maka inisial tersebut juga bisa menjadi huruf D yaitu : Diane de Poitier.

Chenonceau (12) Chenonceau (17)

  • Langit-langit Perpustakaan Catherine de Medici

Ruangan ini berukuran kecil, dan ruangan tersebut adalah ruangan perpustakaan Catherine de Medici. Langit-langitnya bergaya Italia dan terbuat dari pohon ek, dari tahun 1525.  Langit-langit tersebut diukir dengan memakai inisial yang membangun Château yaitu : T.B.K (Thomas Bohier dan Katherine Briçonnet)

Chenonceau (16)

  • Galeri

Dari ruangan Diane de Poitiers, akhirnya kami sampai ke Galeri. Pada tahun 1576, dengan menggunakan gambar yang dibuat oleh Philibert de l’Orme, Catherine de’Medici bertemu Jean Bullant yang sedang membangun sebuah galery diatas jembatan Diane de Poitiers. Galeri tersebut berukuran panjang 60 meter, lebar 6 meter dan dengan pancahayaan dari 18 jendela disebelah kanan dan kiri.

Secara resmi galeri tersebut dibuka pada tahun 1577 selama perayaan yang diselanggarakan oleh Catherine de’Medici untuk menghormati anaknya yaitu : Raja Henri III.

Chenonceau (18)

  • Dapur di Château de Chenonceau
Chenonceau (19)
Ini adalah dapur khusus untuk memotong daging
Chenonceau (20)
Yang saya pegang ini adalah alat untuk mengambil air yang disungai Cher, karena dapur ini tepat terletak diatas sungai.
Chenonceau (22)
Meja makannya didekorasi dengan tanaman dan buah-buahan asli.
  • Kamar tidur Catherine de’Medici

Chenonceau (25)

  • Kamar tidur Gabrielle d’Estrées

Chenonceau (27)

  • Lorong lantai kedua
Chenonceau (28)
Dilorong inilah yang masih tersisa bekas renovasi yang dilakukan pada abad ke-19 oleh Roguet, seorang murid dari Viollet-le-Duc.
  • Kamar tidur Louise de Lorraine-Vaudémont

Setelah pembunuhan kepada suaminya yaitu Raja Henri III oleh seorang biarawan yang bernama Jacques Clément tepatnya pada 1 Agustus 1589, Louise de Lorraine kemudian pensiun ke Chenonceau untuk bermeditasi dan berdoa.

Kamar ini didekorasi semua serba hitam, makanya sangat susah sekali untuk mengambil photo karena tidak cukup cahaya, dan ini adalah satu-satunya foto kamar tidur Louise yang kami punya 😀

Chenonceau (29)

Diarea Château de Chenonceau ini juga terdapat berbagaimacam kebun,tanaman dan hewan peliharaan dibawah ini adalah foto salah satu hewan yang ada disana, yaitu : Keledai.

Ada juga, perkebunan abad ke-16 dan Galeri kereta.

Chenonceau (32)

Harga tiket masuk :

13 € / orang 

Untuk parkiran GRATIS

Alamat :

Château de Chenonceau

37150 Chenonceaux

FRANCE

Akses untuk sampai sini :

Perjalanan dan waktu tempuh jika berpergian dari Paris untuk ke Château de Chenonceau dengan menggunakan kereta api maupun jalan darat.

  • 2 jam perjalanan dari A10 Aquitaine (keluar Blois atau Amboise)
  • 1 jam T.G.V. Paris-Montparnasse / Saint-Pierre-des-Corps (Tours)
  • 1 jam T.G.V. Paris-Aéroport Roissy-CDG / Saint-Pierre-des-Corps (Tours)
  • 25-30 menit TER dari Tours ke Chenonceaux
Chenonceau (31)
Taman Catherine de’Medici, Karena musim dingin maka tidak banyak tumbuhan hijau dan bunga-bunga disekeliling Château

Artikel selanjutnya kita mengunjungi Château du Clos Lucé, tempat tinggal Leonardo da Vinci 🙂

8 thoughts on “Château de Chenonceau, Val de Loire

Leave a Reply

%d bloggers like this: