Bruges, Belgium

Hi blogger saya sudah kembali di Perancis, maaf Ā agak sedikit pamer šŸ˜€ hanya ingin memberikan sedikit informasi tentang Negara Coklat ini.

Akhirnya tanggal 27 Ā februariĀ tepat jam 9 malam kami pulang kerumah, setelah 1 minggu berlibur ke negera tetangga yaitu Belgia, sekalian mengunjungi teman orang indonesia juga disana šŸ˜€ jangan kuatir artikelnya akan saya bagikan tentang tempat apa saja yang sudah saya kunjungi selama di Belgia.

Nah ada beberapa tempat Ā dan kota yang saya kunjungi disana yaitu kota Bruges, Gent, Anvers dan Bruxelles, tetapi ada juga beberapa tempat yang kami singgahi untuk bersantai ketika melakukan perjalanan ke tempat tujuan yaitu Mechelen dan Mons.

Bruges-Belgium-akudiperancis (7)
La Grand-Place

Perjalanan dari Perancis ke Belgia hanya 3 jam 15 menit dengan menggunakan mobil, tapi jika nyupirnya non stop. Kalau kami harus
berhenti untuk istirahat dan ngopi-ngopi :D. Yah jadinya agak siangan kami sampai sana. Enaknya tinggal di Eropa kemana-mana tidak perlu menggunkan pesawat bisa menggunakan mobil pribadi ataupun kereta, tetapi ya itu tidak ada stamp dari imigrasi di Passport.

Tiga hari pertama kami mengunjungi kota Bruges. Kota ini terletak di utara barat Belgia, tempat ini juga sering di sebut La petite Venise du Nord atau juga yang disebut Venice of the North. Ā Tau Venise yang ada di Italia kan ? yang ada gondola-gondolanya itu, di Bruges tempat iniĀ hampir mirip seperti di Italia. Tidak perlu jauh-jauh untuk pergi ke Venise cukup kesini saja šŸ™‚

Kami hanya mengandalkan GPS untuk sampai tempat ini, walaupun sebelumnya sang pacarĀ sudah pernah ketempat ini tetapi 15 tahun lalu šŸ˜€ pastinya dia agak sedikit lupa.

Cuaca di Bruges sangat tidak mendukung ketika kami sampai,karena hujan dan berangin dimusim dingin sangat tidak enak untuk mengunjungi tempat maka tidak banyak tempat yang kami kunjungi di hari pertama. Tetapi saya agak beruntung karena ada Carnaval di hari pertaman itu, kalau mau lihat videonya durasi 15 detik bisa di lihat di sini.

  • Le Minnewater ( Lac d’Amour) Ć  Bruges – The Lake of Love

Entah kenapa salah satu lokasi di Bruges ini disebut The Lake of Love, mungkin karena disini lokasinya yang tenang dan juga di dalam bahasa Belanda Minne berarti Cinta. Maklum Bruges berdekatan dengan Belanda, makanya masyarakat di Bruges selalu berbahasa Belanda, jadi ketika mau bicara harus nanya dulu : Vous parlez franƧais ? dan untungnya mereka semua bisa šŸ˜€ tetapi ada juga yang tidak berbicara Perancis, seperti di Mechelen ketika kami mau pesan sesuatu dia tidak bisa bahasa Perancis maupun Inggris, untungnya si pacarĀ belajar sedikit bahasa belanda sebelum kami berangkat :D.

Bruges-Belgium-akudiperancis (33)

Bruges-Belgium-akudiperancis (36)

  • BĆ©guinage de Bruges

Pada tahun 1225, d tempat ini adalah tempat para perempuan yang tidak berdaya kemudian memutuskan untuk menjadi seorang biarawati, kemudian ditempatĀ inilah mereka tinggal dan berdoa.

Diluar area ini, mereka bisa bekerjaĀ dengan keahlian mereka untuk mencari nafkah dengan bekerja penenun wol.

Harga tiket masukĀ Ā± 2 – 3ā‚¬ / orang.

Bruges-Belgium-akudiperancis (24)

Bruges-Belgium-akudiperancis (23)

Alamat :

1 BegijnhofĀ 

8000 Brugge – Belgique

  • 2be – the Beer Wall

Karena di Belgia bukan hanya terkenal dengan Coklat dan Manneken pis, disini juga terkenal dengan minuman Bir nya. MakaĀ 2be ini adalah salah 1 bar yang terkenal di Bruges dangan adanya dinding bir beserta gelasnya. Di dinding ini ada lebih dari 500 macam bir yang dipajang didalam lemari kaca, semua bir ini khas dari Belgia.

Jangan lupa untuk mampir kesini untuk melihat-lihat, karena disini tidak hanya menjual bir tetapi merekaĀ juga menjual berbagai macam coklat dan oleh-oleh.

Bruges-Belgium-akudiperancis (41)

Alamat :

53 Wollestraat
8000 Brugge – Belgique

  • De Halve Maan

Tempat ini adalah tempat pembuatan bir,Ā Sudah pada tahun 1564 pembuatan bir ‘Die Maene’ disebutkan dalam daftar kota Bruges. Keluarga Maes menjadi pemilik tempat pembuatan bir di abad ke-19 sampai 6 generasi.

Kami berkunjung ketempat ini untuk mengetahui proses pembuatan bir pertama kali oleh keluarga Maes sampai dengan sekarang, dengan membayar tiket masuk 8.50Ā ā‚¬ /orang. Disini juga terdapat sebuah restaurant yang menyediakan bir buatan mereka, dengan rasa yang berbeda dibandingkan ditempat lain.

Nama brand bir keluraga Maes yaitu : Brugse Zot, Zot ini diambil dalam bahasa Belanda yang berarti : Bodoh, karena jika minum bir ini terlalu banyakĀ maka orang tersebut akan menjadi mabuk dan mengakibatkan kebodohan šŸ˜€

Bruges-Belgium-akudiperancis (15)

Bruges-Belgium-akudiperancis (11)

Alamat :

26 Walplein

8000 Brugge – Belgique

  • Canal Boat Ride

Di Bruges juga menyediakan sebuah aktivitas untuk berkeliling melihat kota dengan kapal kecil, perorang hanya 8Ā ā‚¬ dengan durasi 30 menit. Jangan kuatir di atas kapal ini ada seorang pemandung yang menceritakan sejarah di beberapa bangunan yang ada di pinggir sungai, pemandu tersebut berbahasa Belanda, Inggris dan Perancis.

Bruges-Belgium-akudiperancis (1)

Bruges-Belgium-akudiperancis (20)

Alamat Ā :

Huidenvettersplein

8000 Brugge – Belgique

  • Belgium Waffels

Di Belgia juga terkenal dengan kentang goreng dan waffels. Berbagai macam rasa dan bentuk waffels dan harganya juga beda-beda, nah yang sayaĀ pegang ini juga waffel yang di lapisi coklat dan huzelnut, yang seperti ini dengan harga 4Ā ā‚¬, kalau waffel yang biasa juga ada harganya lebih murah.

Tetapi jika kalian ingin makan waffel yang lebih murah ada di Bruxelles, toko waffel yag berdekatan denganĀ Manneken Pis harga waffel hanya 1Ā ā‚¬, waffel biasa kalau mau pakai toping tambah lagi minimal 0.80Ā ā‚¬.

Bruges-Belgium-akudiperancis (32)

Kalau mau makan waffel yang lebih romantis bisa datang kesiniĀ Gingerbread Tea Room šŸ˜€

Bruges-Belgium-akudiperancis (21)

Alamat :

29 Sint-AmandsstraatĀ 

8000 Brugge – Belgique

  • Brugse Vrije

Tempat yang tepat dibelakang saya ini adalah tempat seperti museum yang menceritakan tentang kota Bruges, didalam terdapat lukisan-lukisan dan peninggalan-peninggalan tulisan tentang Bruges pada abad pertengahan.

Bruges-Belgium-akudiperancis (3)

Bruges-Belgium-akudiperancis (27)

Alamat :

12 Burg

8000 Brugge – Belgique

Harga tiket masuk :

4Ā ā‚¬ / orangĀ 

  • Beffroi de Bruges

Untuk sampai keatas kita membayar 18Ā ā‚¬ untuk 2 orang, kalau di bawah 26 tahun harus membayar 8Ā ā‚¬, dan harus menunjukan tanda pengenal. Menara lonceng ini berukuranĀ lebih dari 83 meter. Melewati anak tanggaĀ Ā± 366 langkah ke atas dan kemudian kami menemukan salah satu ruangan penyimpanan uang dan dokumen pada abad pertengahan, yang di tutupi oleh 2 lapis pintu baja dengan menggunakan 8 macam kunci jika ingin membuka brangkas tersebut.

Di puncak meneara ini terdapat Ā±Ā 47 macam lonceng, yang setiap 15 menit lonceng -lonceng tersebut mengeluarkan suara semacamĀ musik Mozart dan Beethoven. Ā Ketika sampai diatas kami juga mendapatkan panoramaĀ pemandangan kota Bruges dan pedesaan disekitarnya.

Bruges-Belgium-akudiperancis (5)

Alamat :

7 MarktĀ 

8000 Brugge – Belgique

  • Basilique du Saint-Sang de Bruges

Basilique du Saint-Sang de Bruges ini tepat terletak berdekatan denganĀ Brugse Vrije, untuk melihat basilique dibawah dan diatas tidak perlu bayar, tinggal masuk saja kecuali di musem yang diatas disebelah kanan harus bayar 2.50Ā ā‚¬ /orang nama museumnya yaitu Museum Van Het Heilig Bloed. Seperti biasa isi museum ini menceritakan tentang umat nasrani.

Bruges-Belgium-akudiperancis (4)

Bruges-Belgium-akudiperancis (2)

  • City Tour

Untuk mengelilingi kota Bruges. dengan menggunakan kuda ini seharga 50Ā ā‚¬ untuk 35 menit ya Ā± RpĀ 730.460. Kalau saya tidak naik kuda ini, karena dihari pertama saya sudah mengelilingi kota dengan berjalan kaki walaupun rada hujan, kedua saya sudah berkeliling menaiki kapal kecil, dan yang terakhir harganya mahal sekali hanya untuk durasi 35 menit, walaupun pacarku meminta saya untuk naik kuda tersebut.

Yah namanya juga kota para turis seluruh dunia yang datang kesini :D. Untuk menaiki kuda-kuda ini cari saja tepat di La Grand Place di Bruges banyak kuda-kuda yang parkir disana dan kebanyakan yang mengendarai kuda ini semua wanita.Minimal yang menaiki kuda ini 2 orang maximal 4 orang, kalau kalia group ya mau tidak mau pesan kuda yang lainnya ya.

Bruges-Belgium-akudiperancis (40)

Jika kalian ingin mengunjungi kota Bruges saran saya lebih baik mengunjunginya di waktu musim semi atau musim panas, tetapi ya siap-siap saja banyak sekali turis yang berlibur kesini. Kalau menurut saya di waktu musim dingin lebih tepat untuk berlibur karena, harga hotel tidak semahal di waktu musim panas dan juga sangat leluasa untuk mengambil beberapa foto :D.

Untuk parkiran kendaraan di Bruges sangat susah sekali mencari parkiran yang murah apa lagi yang gratis, jadi lebih baik parkirlah di Parking Centrum-Station harganya lebih murah hanya 3.50Ā ā‚¬ untuk lebih dari 9 jam, dari parkiran dengan berjalan kaki ke kota Bruges hanya 8-10 menit.

J’adore BrugesĀ ā™„ walaupun hanya 3 hari disini šŸ™‚

Leave a Reply

%d bloggers like this: