Lebaran kedua di Negara menara Eiffel

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H

Minal aidzin walfaidzin mohon maaf lahir dan batin.

Maaf kan saya ya teman-teman jika ada salah, baik dalam perbuatan dan perucapan maupun disengaja maupun tak disengaja 🙂 semoga lebaran idul fitri berikutnya kita masih bisa berjumpa lagi ya dan melihat menu selanjutnya :D.

Sudah hampir sebulan saya tidak menulis artikel di blog ini, karena selama itu juga saya sedang sibuk bereksperimen membuat menu makanan Indonesia ada yang sukses dan juga ada yang gagal, yah namanya juga berusaha untuk mengurangi rasa rindu saya terhadap masakan Indonesia. Nah kebetulan ini adalah hari raya kedua saya selama di Perancis dan selama hampir 17 bulan saya tidak mudik walaupun orang tua dan keluarga setiap kali menelpon via Skype, FB, dan IMO selalu menanyakan :

“Kapan pulang ?”

Dan saya selalu menjawab : ” tunggu kalau masa berlaku visa habis” kadang juga “tunggu perpanjangnya selesai” karena sang tunangan ada fobia ketinggian apalagi namanya di dalam pesawat yah jadinya saya selalu menunggu waktu yang tepat saja untuk mudik 😀 bukannya tidak rindu pada keluraga, yah saya sangat rindu kepada mereka 🙁 semoga secepatnya bisa merasakan mudik.

Ngomong-ngomong soal mudik kita tinggalkan dulu yak, dilebaran hari pertama saya memutuskan untuk memasak makanan Indonesia, bukan ketupat maupun lontong sayur, tetapi saya malahan memasak “pepes ikan Cabillaud” dan “oseng tahu petai” saya juga memasak kue lapis tetapi alhasil “gagal” texturnya terlalu keras, yah bagaimanapun juga sesuatu yang di bikin itu harus mencoba berkali-kali agar hasilnya enak. Karena gagal jadi saya tidak mau berbagi resep kue lapis itu :D.

Baiklah saya akan membagikan resep kedua masakan khas nusantara ini, yaitu sebagai berikut :

Pepes Ikan Cabillaud

Pepes Ikan Cabillaud

🍴 Bahan yang di perlukan :

  • 3 buah cabai merah besar.
  • cabai rawit (jika suka).
  • 12 siung bawang putih.
  • 1 1/2 buah bawang merah (kalau bawang indo pakai saja sebanyak 12 siung, maklum bawang disini besar-besar).
  • 1/2 sdt garam.
  • secukupnya gula pasir.
  • 20 buah kemiri utuh.
  • 1 1/2 buah tomat iris kecil-kecil.
  • 1 sdt kunyit bubuk.
  • 1,5 kg ikan Cabillaud tanpa tulang dan potong sesuai selera (bisa diganti pakai ikan apa saja sesuai selera).
  • Secukupnya kemangi.
  • Secukupnya daun pisang.
  • Secukupnya tusuk gigi untuk menutup si pembungkus.

🍴 Cara memasak :

  1. Belender, cabai merah besar, bawang merah, bawang putih, garam, gula pasir, kemiri sisihkan dan tambahkan kunyit bubuk.
  2. Campurkan tomat kedalam bumbu yang telah dihaluskan.
  3. Siapkan daun dan isi 1/2 sdm bumbu dan tumpuk potongan ikan kemudian isi lagi 1 sdm bumbu keatas ikan tersebut. Masukan daun kemangi di atasnya dan lipat daun tutup dengan tusuk gigi. Uleni sampai bumbu habis.
  4. Kukus pepes yang telah jadi selama ± 8 menit. Diamkan hingga dingin.

    Siap di bakar pepesnya 🙂
  5. Bakar pepes yang telah dingin tadi selama 10 menit, sampai daun berubah warna dan siap disajikan.
Mari makan :p
Abaikan guntingnya, karena saya pakai untuk menggunting daun pisang yang terlalu panjang agar mudah ketika di bakar 😀

Resep kedua adalah “Oseng Tahu Petai”, siapa yang tidak kenal dengan makanan ini, dengan aroma yang khas dan sangat tajam, nah berhubung saya tidak telalu doyan dengan yang namanya petai tetapi saya menpunyai stock petai didalam kulkas. Awalnya saya iseng membeli dan juga saya pikir-pikir “ahh lebih baik saya beli saja sekalian memperkenalkan dengan kedua orang tua tunangan saya” dan saya pun berhasil memasak ini, mereka pun suka. Di bawah ini adalah resepnya 😀 :

🍴 Bahan yang di perlukan :

500 gram tahu potong dadu.

secukupnya petai.

3 siung bawang putih.

1/2 buah bawang merah (3 siung bawang merah indo).

1/2 buah tomat potong kecil-kecil.

Secukupnya daun bawang iris tipis, garam, merica dan kecap manis.

🍴 Cara memasak :

  1. Goreng tahu hingga setengah matang dan sisihkan. Kemudian haluskan kedua bahan yaitu bawang merah dan bawang putih. Goreng tahunya sampai setengah masak ya, karena akan di tumis lagi.
  2. Panaskan wajan yang telah di beri sedikit minyak, masukan bumbu yang telah dihaluskan, daun bawang dan tomat. Tumis selama 5 menit. 
  3. Masukan petai dan tahu kedalam tumisan bumbu. Beri garam, merica dan kecap manis. Tunggu hingga 10 menit dan siap disajikan.

 

Bon appétit ヅ

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: