Château de Monte Cristo, île de France

Happy summer 😀 cuaca panas seperti ini enak kalau mau kemana-mana tidak perlu memakai baju tebal,  apalagi kalau mau mengunjungi tempat yang bersejarah ditambah lagi lokasinya tidak jauh dari tempat tinggal serasa mendapatkan nilai + (plus). Summer kali ini saya berkesempatan mengunjungi kastil Monte-Cristo kepunyaan Alexandre Dumas, kastil tersebut terletak di Le Port-Marly, yup masih area di Île-de-France dan juga untuk berkeliling diarea tersebut hanya menghabiskan waktu maximal 2 s/d 2,5 jam.

Siapa Alexandre Dumas ?

Alexandre Dumas (Père) yang lahir dengan nama Dumas Davy de la Pailleterie, beliau adalah penulis terkenal dari Perancis yang telah menulis salah satu buku yaitu dari film:Les Trois Mousquetaires dan juga “Le Comte de Monte-Cristo”.

Ayah dari Alexandre Dumas (père) adalah seorang prajurit yang yang bernama Thomas-Alexandre Dumas Davy de la Pailleterie, ketika kami melihat foto maupun lukisan sang ayah kami sedikit terheran karena melihat ciri-ciri beliau dengan kulit yang tidak putih dan tidak terlalu hitam dengan rambut keriting dan setelah kami baca informasi yang ada didalam kastil ternyata beliau mempunyai keturunan yaitu dari ibunya berasal dari keturunan Afrika dan ibunya sempat menjadi budak pada masa kecil si Thomas-Alexandre Dumas.

Dan kemudian Alexandre Dumas (anak dari Thomas-Alexandre Dumas Davy de la Pailleterie) sendiri juga mempunyai seorang anak yang bernama Alexandre Dumas (fils) atau bisa dibilang cucu dari Thomas juga merupakan seorang penulis novel dan juga penulis naskah untuk pertunjukan di teater sama seperti ayahnya.

Yah sedikit membingungkan karena nama dari ke-3 generasi ini semua sama, saya pun kebingungan untuk menjelaskannya bagaimana :D.

Tempat-tinggal Alexandre-Dumas yang-di-berinama Château-de Monte-Cristo
Tempat tinggal Alexandre Dumas yang di berinama Château de Monte-Cristo
Kastil Monte-Cristo

Untuk mengunjungi kastil Monte-Cristo, kastil d’IF dan juga taman kami harus mengeluarkan uang sebesar 7.00 € perorang (untuk yang diatas 25 tahun) sedangkan 5.00 € (untuk umur sampai dengan 25 tahun ataupun yang belum mendapatkan pekerjaan, tinggal menunjukan surat dari Pôle Emploi).

Nah, ketika kami masuk kedalam kastil Monte-Cristo kami menunjukan tiket yang telah kami beli, dan kemudian mulai mengelilingi kedalam Kastil Monte-Cristo. Tetapi… sangat disayangkan untuk semua pengunjungung tidak diperbolehkan mengambil foto, walaupun memakai kamera handphone tetap saja tidak bisa apalagi kamera digital 🙁 padahal didalamnya sangat bagus. Karena saya tidak ada foto bagian dalam kastil jadi saya hanya bisa membagikan foto yang di luar saja 🙂

Didalam kastil terdapat foto dan juga sisilah keluarga, serta bukti-bukti pertunjukan karya dari Alexandre Dumas (père) maupun Alexandre Dumas (fils) dan juga nama wanita-wanita yang pernah bersama beliau, yah bisa dibilang beliau mempunyai banyak wanita. Kastil tersebut mempunyai 3 lantai, di lantai paling atas juga menampilkan pameran seni dari Christophe DUMONT seperti ada di area taman yang telah kami lewati.

Kastil d’IF

Kastil ini adalah tempat khusus Alexandre Dumas (père) yaitu sebagi tempat atau ruang kerja untuk membuat buku dan karya lainnya.Lokasinya kastil ini tepat bersebrangan dengan tempat tinggalnya (Château de Monte-Cristo). Sekali lagi sangat disayangkan saya tidak bisa mendapatkan foto yang ada di dalam kastil tersebut dan ada 88 judul buku yang telah di tulis oleh Alexandre Dumas dan masing-masing judul dia tulis disekeliling bangunan.

Kastil-ni diberinama Château-d'IF
Kastil ini diberinama Château d’IF
Tangga-untuk masuk-ke-kastil d'IF-karena di sekeliling kastil ada-air-kolam yang diisi-dengan ikan-ikan.
Tangga untuk masuk ke kastil d’IF karena di sekeliling kastil ada air kolam yang diisi dengan ikan-ikan.
Dibelakang-saya ini-adalah-salah satu-judul-buku yang-telah-di-tulis-oleh-Alexandre Dumas, yaitu -Le-Cocher de-Cabriolet-dan-Le-Bal-Masqué
Dibagian belakang saya ini adalah dinding kastil yang telah ditulis disalah satu judul buku yang bertuliskan “Le Cocher deCabriolet “dan “Le Bal Masqué”
Area taman Kastil Monte-Cristo
Seni dari Christophe DUMONT yang ada di area taman milik Alexandre Dumas
Seni dari Christophe DUMONT yang ada di area taman milik Alexandre Dumas
Taman Haydée
Gua-di-taman-kastil-monte-cristo
Gua yang seperti ini ada lebih dari 3 di area taman, bentuk dan ukurannya pun berbeda-beda.

Alamat : 

Square des Ormes, 78560 Le Port-Marly

FRANCE

Telephone : 01 39 16 49 49

Tiket masuk :

5 – 7 € / orang

Leave a Reply

%d bloggers like this: