Kaysersberg Kota Kecil Cantik di Alsace Perancis

Pertama kali mengunjungi kota Kaysersberg hal yang pertama saya ucapkan adalah “amazing”.

Selain bangunan khas Alsace yang masih berdiri kokoh yang di kelilingi dengan kebun buah anggur. Ditambah lagi suasana kota abad pertengahan dengan rumah kayu adalah salah satu ciri khas dari kota Alsace.

Siapa sangka kota nan kecil yag terletak di area pedesaan bisa saya kunjungi ketika sedang berlibur Alsace. Apalagi hanya 5 menit untuk sampai di kota cantik ini dari arah Amemrschwhir.

( Baca disini: Kota Ammerschwihr )

kaysersbergSuasana kota Kaysersberg

Siap berkeliling di dalam kota Kaysersberg, banyak sekali tempat yang dan bangunan yang bisa kita kunjungi. Di dalam kota ini, pemandangannya sangat indah dan bangunan yang di telah cat berwana-warni, hanya bisa kita kunjungi di region Alsace.

Tempat ini saya pikir sangat romantis, karena suasana yang nyaman dan jauh sekali dari daerah kebisingan.

kaysersberg-city

Didalam kota Kaysersberg juga terdapat pengrajin kaca yang telah membuat : lampu, vas, cangkir, kaca yang berbantuk hewan, tempat lilin, dan dekorasi interior. Disini juga terdapat toko souvenir khas Alsace, toko roti khas perancis dan jika kalian pencinta Bretzel atau Pretzel disini juga ada salah satu toko khas Pretzel.

Untuk berkeliling kesemua tempat di dalam kota Kaysersberg cukup berjalan kaki, dan terdapat juga perkiran mobil yang sangat murah dibandingkan dengan harga di Paris :D.

Parkiran disini untuk satu hari penuh hanya membayar 2 euro, sangat…sangat murah bukan. Dan ditambah lagi suasana parkiran sangat luas.

Di Kaysersberg juga jerdapat banyak restaurant yang menyediakan makanan khas alsace seperti “tart flambée” dengan menggunakan toping daging b2 adalah makanan khas alsace.

Jika kalian tidak bisa makan*makanan tersebut ada juga menyediakan salad yang terbuat dari sayur-sayuran segar. Jadi jangan kuatir untuk mencari restaurant disini sangat mudah.

kaysersberg-city-2

Le Schlossberg

Pertama kali disebut kota Kayserberg yaitu pada tahun 1227.  Ketika kaisar dari Kekaisaran Romawi, Frederick II cucu laki-laki dari Frederick Barbarossa.

Dia (Frederick II) telah memerintahkan untuk membeli benteng Schlossberg agar ia bisa mengontrol dan menakses lembah Weiss yang menghubungkan Haute-Alsace, Lorraine melalui Col du Bonhomme, Vosges.

Untuk sampai keatas dan mendapatkan panorama kota Kaysersberg kalian tidak perlu bayar dan hanya melewati sebuah tangga berbentuk spiral.

Penduduk Kaysersberg di sebut Kaysersbergeois. Sama halnya di Paris yang sering disebut Parisiens. Berbeda lagi dengan halnya penduduk yang tinggal di île-de-France di sebut Francilien.

schlossberg-4

L’Église de l’Invention-de-la-Sainte-Croix de Kaysersberg

Di dalam gereja terdapat salib beserta Yesus Kristus yang indah, setinggi 4.10 meter.  Salib tersebut ditempatkan diatas balok untuk menyambut pengunjung yang ingin beribadah maupun yang ingin berkunjung didalamnya.

Tidak jauh dari gereja tersebut terdapat salah satu ruangan yang menyimpan tengkorak dari tahun 1463. Disini terdapat juga patung St Odile yang saya pikir hanya ada di Ottrott.

leglise-de-linvention-de-la-sainte-croix-de-kaysersberg-3

catacombes

Kuburan yang terdapat tidak jauh dari gereja ini adalah kuburan para pejuang perang dunia ke-2 pada tahun 1944.

Kemudian mereka di kubur di Kaysersberg, tidak peduli agama apapun mereka, tetap di kubur saling berdekatan dengan masing-masing simbol dari agama masing-masing pejuang.

Ketika saya melihat kuburan tersebut saya sangat terkejut karena ini adalah pertama kali saya melihat satu kuburan yang menjadi satu walaupun agama yang sangat berbeda. Indah sekali bukan melihat kebersamaan, yang sangat jarang sekali kita temukan.

monumen

 

Where to stay in Kaysersberg ?

11 thoughts on “Kaysersberg Kota Kecil Cantik di Alsace Perancis

Leave a Reply

%d bloggers like this: