Strawberry Pie

Beberapa bulan terakhir ini saya lagi semangat-semangatnya belajar masak, mungkin karena faktor hidup sendiri. Jadi apa-apa harus bisa dikerjain sendiri. Contohnya didalam artikel ini yaitu saya membuat “tarte aux fraise”. Karena di perancis pada bulan may adalah musim dimana buah strawberry bermunculan dan sudah memerah kemudian harus dipetik.

Kali ini saya ingin membagikan resep kue tersebut. Kata “Tarte” yang berarti Pie sedangkan “Fraises” yaitu Strawberry yang bisa kita simpulkan menjadi Strawberry Pie.

tarte aux fraises
Jika buah strawberry tidak mempunyai ukuran yang sama, maka buah tersebut di bagi dua atau dipotong sesuai selera kalian.

Bahan untuk membuat Pie :

200 gr tepung terigu

40 gr butter (potong-potong berukuran dadu)

1 sdm gula pasir

Sejumput garam

50 ml air

Bahan untuk membuat Crème pâtissière ( custard ) :

400 ml susu cair

80 gr gula pasir

40 gr tepung maizena

3 kuning telur

1/2 sdt vanilla extract atau 1 batang vanilla

Bahan Toping :

500 gr Strawberry segar

Note : Jenis buahnya bisa diganti sesuai dengan selera kalian, bisa menggunakan blueberry, blackberry dan berry-berry yang lain.

Cara membuat Pie :

  1. Masukan semua bahan Pie kecuali air kedalam food processor atau juga kedalam mangkuk besar bisa menggunakan secara manual yaitu dengan menggunakan tangan. Aduk semua bahan hingga rata dan kemudian masukan air.
  2. Ketika bahan sudah menyatu kemudian giling, dan masukan ke dalam cetakan yaitu berupa loyang atau lingkaran khusus pie.
  3. Tusuk-tusuk adonan yang sudah anda masukan kedalam cetakan dengan menggunakan garpu.
  4. Agar adonan tidak mengembang kemudian beri kertas roti diatasnya dan masukan biji-bijian kering. Manfaatnya agar memberi beban berat diatas adonan tersebut.
  5. Masukan kedalam oven dengan suhu 180°C selama 30 menit. Setelah 30 menit keluarkan kertas roti yang telah dipenuhi biji-bijian tersebut dan panggang lagi hingga agak kecoklatan. Dinginkan.

Sambil menunggu adonan matang maka lebih baik saatnya membuat Crème pâtissière, yaitu sebagai berikut :

  1. Rebus susu dengan vanilla extract atau 1 batang vanilla dengan api kecil tunggu hingga agak hangat.
  2. Siapkan mangkuk bersih, masukan telur dan juga gula aduk hingga menyatu, kemudian masukan tepung maizena aduk kembali hingga adonan rata.
  3. Ketika susu sudah agak hangat, masukan susu tersebut sedikit demi sedikit kedalam adonan tepung maizena tadi (jika menggunakan vanilla segar, ketika menumpahkan susu harus sambil disaring).
  4. Adonan sudah tercampur rata, masak keatas api sedang agar adonan tersebut mengental.
  5. Angkat dan masukan kedalam mangkuk kemudian tutup dengan bungkus plastik (plastic wrap). Biarkan plastik menyentuh cream tersebut agar permukaan cream tidak kering. Dan tunggu sampai dingin.

Sekarang saatnya mendekor semua adonan yang telah jadi.

  1. Masukan cream kedalam  pie yang telah didinginkan, kemudian masukan strawberry yang telah di cuci bersih keatas cream.
  2. Dekor dengan daun mint dan taburan gula halus.
  3. Masukan kedalam kulkas ± 2 jam.

tarteauxfraises

Voilà kuenya sudah jadi dan siap disantap…

Silvi

Leave a Reply

%d bloggers like this: