Apakah Biaya Hidup di Perancis Mahal ?

Apakah biaya hidup di Perancis mahal ? pertanyaan yang seperti ini yang sering saya dapatkan, entah melalui email maupun dari kerabat.

Jadi tulisan kali ini saya akan memberitahukan biaya apa yang harus kami keluarkan setiap bulannya dan ada juga pengeluaran apa saja yang harus di bayar setiap tahunnya.

Eits… tetapi tidak semua nominal saya cantumkan ya 🙂 jadi kalian bisa menerka berapa biaya hidup di Perancis.

1. Sewa Appartement

Harga sewa appartement di setiap kota harganya berbeda-beda. Contoh di Île-de-France harga sewa appartement 13,00 hingga 29,60 € / m². Jadi kalian kalikan saja berapa harga sewa appartement di wilayah IDF.

Lebih besar luas bangunannya maka lebih mahal biaya sewa tersebut.

Apalagi jika tepat di kota Paris biaya sewa minimal 500-900 euro untuk 9 hingga 12m². Dengan harga tersebut untuk di luar Paris kita bisa mendapatkan appartement dengan luas bangunan hampir 50m².

Biaya hidup di perancis
Warna hijau menandakan harga sewa yang lumayan murah, sedangkan diwarna merah kebalikannya. Paris adalah kota termahal untuk ditinggali di bandingkan di kota luar Paris.

2. Listrik dan gas

Perusahaan listrik akan mendebit di rekening kita sebesar 50 hingga 85 euro setiap bulannya.

Pada saat tanggal pembayaran mereka akan mengirimkan faktur listrik. Jika pemakaian listrik melebihi debitan tersebut, maka pihak perusahaan akan mendebit lagi sisa pembayaran.

Biasanya tahihan yang paling membengkak adalah di saat musim dingin, karena musim dingin kita akan menyalakan penghangat ruangan yang bahkan tidak hanya satu mesin melainkan minimal ada 3 mesin penghangat.

3. Internet

Unlimited internet untuk di rumah hal yang wajib kami miliki. Apalagi si A dan saya adalah seorang blogger. Tanpa adanya internet kami sangat kesulitan untuk mencari informasi. Jadi biaya internet tergantung providers.

Yaitu Orange, Free, SFR dan masih banyak lainnya. Masing-masing providers harganya berbeda-beda.

4. Abodement internet telepon seluler

Di Perancis, tidak ada voucher isi ulang untuk membeli kuota internet. Semua di beli dan di bayar dengan melalui internet atau online.

Jadi harga abodement telepon seluler sangat bervariasi. Dengan membayar abodement 19,99 euro / bulan maka kita bisa menelfon, sms dan internet sepuasnya.

5. Transportasi umum, Navigo

Transportasi umum di Paris sangat mahal, belum lagi setiap kali naik harus membeli tiket metro yang harganya minimal 1,49 euro.

Belum lagi seperti saya yang tinggal di pinggiran Paris harus membeli extra tiket kereta dengan harga 4,16 euro per kereta.

Karena saya sebelumnya kursus di Paris setiap hari dari senin s/d jum’at mesti menggunakan kereta dan metro ditambah lagi jika ada janji untuk jalan-jalan bersama teman, otomatis untuk menghemat biaya saya harus mengeluarkan uang sebesar 75,20 euro / orang setiap bulannya.

Jadi karena kursus selesai saya harus membayar harga pertiket untuk setiap kali ke Paris.

Yah nasib tinggal si pinggir kota Paris. Biaya hidup di Perancis untuk menggunakan kendaraan umum harus bayar yang harganya tidak murah jika di kurs kan ke rupiah.

6. Belanja mingguan

Bisa memasak adalah salah satu kunci untuk berhemat.

Setiap satu minggu sekali saya wajib ke supermarket untuk membeli bahan makanan dan lainnya. Biaya pengeluaran belanja berbeda-beda tergantung menu makanan yang akan saya masak.

Dengan membeli kualitas makanan maupun produk yang lebih baik, maka besar pula biaya yang harus di keluarkan.

Contohnya makanan atau produk yang berlabel BIO harganya jauh lebih mahal karena dan yang biasanya.

Belanja mingguan

7. Nonton, bar, restoran serta pengeluaran extra lainnya

Suka nonton ? atau suka berkumpul dengan teman dan kerabat ?

Nah kedua pertanyaan tersebut pastinya cukup membuat kantong bolong. Bayangkan saja setiap kali nonton sebelumnya kami harus membayar hampir 12 euro / tiket.

Tetapi untungnya sekarang si A dapat diskon dari kantor dia bekerja jadi kami hanya membayar 5 euro / tiket lumayan kan hemat dikit.

Setelah menonton biasanya kami pergi ke bar atau ke restoran entah berdua atau beramai-ramai bersama teman-teman si A sambil meramaikan acara ulang tahun.

Belum lagi biaya liburan di sekitar eropa yang harganya luar biasa (yaitu ; hotel, tempat wisata dan restoran jauh lebih mahal di bandingkan di indonesia), bensin mobil yang harganya minimal 1,5 euro/ liter, berburu solde yang harus dilakukan 2x setahun, dan yang lebih penting itu ketika jalan-jalan ke Belleville bersama teman untuk belanja bumbu-bumbu indonesia, serta makan siang di kantin KBRI.

Yang seperti ini nih yang dinamakan pengeluran extra 

Untungnya untuk perawatan rambut, tubuh dan lainnya, cukup dilakukan di rumah tanpa harus ke salon karena di Perancis sangat mudah mendapatkan bahan apapun, seperti untuk perawatan rambut saya cukup membeli bahan dan membuat sendiri.

Selain harganya yang agak murah kualitas pun terjamin 100% tanpa bahan kimia.

Dengan demikian saya bisa lebih hemat tanpa harus ke salon dan mengeluarkan uang minimal 35 euro.

Ini adalah salah satu tips hemat saya agar biaya hidup di Perancis sedikit lebih murah.

8. Asuransi mobil, asuransi rumah atau appartement dan asuransi diri

Di Perancis sangat di haruskan untuk mempunyai asuransi agar kedepannya jika terjadi apa-apa akan di cover oleh perusahaan asuransi. Berapa persennya tergantung pihak perusahaan masing-masing asuransi.

Jadi membeli asuransi itu sangat penting dan wajib.

Asuransi mobil

Nah untuk biayanya masing-masing asuransi tidak bisa saya sebutkan dan yang pasti semua di bayar dengan mata uang euro hehehe.

9. Wajib bayar pajak rumah, pajak tinggal dan pajak penghasilan

10. Perpanjang Carte de Séjour

Selain asuransi dan pajak. CDS yang setiap tahunnya saya harus berurusan dengan si Préfecture untuk memperpanjang kartu ijin tinggal di Perancis. Mulai 1 november 2017 untuk perpanjang CDS saya wajib mengeluarkan biaya 269 euro setiap tahunnya. Tentu saja harganya sudah beda dari tahun sebelumnya yang agak sedikit murah.

Ya beginilah jadi IRT harus bisa mengatur pengeluran dan harus teliti jika ingin mengeluarkan pengeluaran.

Tetapi walaupun sudah extra berhati-hati tetap saja pengeluaran extra wajib keluar, misalnya membeli kado natal, kado ulang tahun, hadiah perayaan tahunan lainnya, perlengkapan isi rumah, membeli sesuatu yang berbau hobi (alat masak, alat rajut dan lain sebagainya).

Nah yang seperti ini nih wajib di rem jangan sampai kebablasan agar bisa menabung untuk masa depan.

Btw biaya di atas menurut saya adalah biaya hidup di Perancis yang wajib dikeluarin oleh siapa saja, khususnya bagi yang menetap di Perancis dan juga nominal pengelurannya juga berbeda-beda itu semua tergantung dengan gaya hidup masing-masing orang.

Dan bagi pasangan yang sudah mempunyai satu atau dua anak dan bahkan juga lebih, saya pikir biaya tersebut lebih besar dari yang telah saya rincikan.

Silvi

4 thoughts on “Apakah Biaya Hidup di Perancis Mahal ?

  1. Kalau tinggal di kota besar pasti ya besar deh pengeluarannya. Oh ya Silvi pengelaran tsb sebanding ga sih sama gaji yg didapat?. Itu biaya izin tinggal mahal banget ya, klo ditempatku makin lama semakin murah, terakhir kali saya bayar 80 euro berlaku sampai paspor saya habis, trus baru perpanjang lagi.

    1. Iya mak Ben, apalagi di kota besar ya double dah pengeluarannya krn extra mahal. Untung aja sebanding lah sama gajih asal bisa ngatur keuangan mak :D…

      Nah kalau disini untuk ijin tinggal ada yang bisa tiap 2 atau 10 thn baru perpanjang. Kalo aku masih tiap tahun ini mak mesti nunggu usia pernikahan minimal 3 thn baru kemungkinan bisa dpt 2 atau yg 10thn….mesti sabar demi kekasih hati hehehe

  2. hai silvi, saya ada rencana mahu tinggal di paris. saya mahu nayain jika engak keberatan. berapakah kos pendidikan buat anak saya yang cecah 6 tahun next year? saya risau amat jika kos nya tinggi di international school.

Leave a Reply

%d bloggers like this: