Cara Pergantian Status Visa di Perancis

Jika kita masuk ke perancis dengan menggunakan visa jenis “Visitor Visa Long Séjour“, pada saat kita menikah di perancis maka kita wajib mengganti / merubah jenis visa tersebut dengan spouse visa.

Biasanya pergantian status ini di sebut ” Changement de Statut” dan harus dilakukan di préfecture dimana kalian berdomisili.

Persyaratannya apa saja ?

Tiga bulan sebelum masa berlaku CDS / TDS kalian habis, hal pertama kalian lakukan adalah mendatangi préfecture untuk meminta list dokumen untuk perubahan status.

Mereka akan memberikan kalian berupa 1 lembar formulir dan 1 lembarnya lagi yaitu list dokumen yang berisi :

  1. Passport dan Carte de Séjour.
  2. Akte kelahiran yang telah di terjemahkan oleh penerjemah tersumpah yang ada di Perancis.
  3. Justificatif de domicile de moins de 3 mois (bukti alamat tinggal Anda selama 3 bulan terakhir) : yaitu berupa, faktur listrik, gas, air, telephon rumah, internet, faktur sewa rumah, atau bukti pajak tinggal (← pilih salah satu)
  4. Justificatif de votre situation familiale (bukti situasi keluarga Anda) : yaitu berupa, livre de famille atau l’acte de mariage.
  5. Documents justifiant de votre communauté de vie (Dokumen yang membuktikan bahwa memang kalian tinggal bersama)  (← Dokumen ini akan kalian dapatkan di hari H pada saat kalian memasukan dokumen, dan harus diisi oleh suami)
  6. Certificate médicale de OFII 
  7. Diploma bahasa
  8. Foto 3,5 x 4,5 sebanyak 4 lembar latar belakang putih
  9. CNI suami
  10. Yang terakhir yaitu suami harus ikut pada saat pemasukan dokumen.

Ketika dokumen tersebut telah lengkap. Maka kalian harus memasukan dokumen tepat 2 bulan sebelum masa berlaku CDS habis.

Dokumen-dokumen tersebut wajib kalian kopi dan membawa aslinya.

Yang kopian harus kalian serahkan ke Préfecture.

Yang aslinya buat berjaga-jaga karena biasa mereka akan mengecheck keaslian dokumen tersebut.

Cara Pergantian Status Visa di Perancis

Berapa lama prosesnya ?

Proses pemasukan dokumen lumayan cepat, hanya saja harus menganti panjang dan juga pererimaan dokumen tersebut hanya di pagi hari.

Setelah dokumen di terima, makan kalian akan mendapatkan récépissé yang berlaku selama 6 bulan.

Récépissé tersebut yaitu sebagai pengganti CDS yang masa berlakunya telah habis dan bisa di gunakan untuk berpergian ke luar Perancis sambil menunggu kartu CDSnya selesai di buat.

Berapa biayanya ?

Untuk pemasukan dokumen tidak dikenakan biaya sama sekali.

Kalian akan membayar pada saat kartu CDS telah selesai. Awal tahun lalu saya membayar sebanyak 269 euro.

Entah apakah tahun depan akan sama apa tidak.

Yang pasti mereka akan memberikan kabar bahwa kartu CDS sudah biasa di ambil beserta biaya timbre yang harus kalian bawa

Voilà gampangkan, persyaratannya.

Tambahan info dari préfecture :

Pada saat usia pernikahan kalian sudah 3 tahun, maka kalian tidak perlu lagi untuk mengurus CDS tiap tahunnya, karena kalian bisa mendapatkan CDS yang berjangka 2 hingga 10 tahun.

 

Silvi

1 thought on “Cara Pergantian Status Visa di Perancis

  1. Halo Silvi, termasuk murah juga ya utk adjust status, kalo di amerika biayanya sudah di atas 1000 dolllar dan lama prosesnya antara 6 bulan sampai satu thn, bahkan bisa lebih dr satu thn. Formulir dan semua dokumen termasuk cek pembayaran cukup dikirim lewat pos, kita tinggal tunggu panggilan interview aja. Emang lumayan rumit ya pernikahan beda negara

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: