Château de Blois, Val de Loire

Beberapa hari yang lalu saya ada ngepost artikel tentang tempat-tempat yang sudah saya kunjungi selama di Blois dan sekitarnya, bisa dilihat dilink ini . Nah sekarang saya akan memberikan sedikit informasi tentang tempat tersebut.

Berikut sedikit informasi tentang Château Royal de Blois.

Château de Blois atau didalam bahasa indonesia adalah Kastil dari Blois. Château de Blois terletak di departemen Loir-et-Cher di Lembah Loire, di Perancis.

Tempat ini adalah tempat kediaman favorit  para raja-raja Perancis selama abad renaisans (abad pertengahan). Awal mula dibangun château ini pada abad ke-12 dan selesai pembangunan dan renovasi pada masing-masing masa kerajaan pada abad ke-17.  Château de Blois sendiri terdiri dari 4 macam gaya bagunan yaitu gaya Gothic, Flamboyant, Renaissance, dan Classicism.

Dibawah ini adalah foto-foto Château de Blois 🙂

blois-1 (25)
Di depan pintu masuk Château

 

blois-1 (4)
Patung berkuda dari Louis XII dan dibawahnya ada sebuah landak, landak tersebut adalah sebuah simbol Raja. Inisial huruf L untuk Louis XII dan huruf A adalah simbol untuk  Anne de Bretagne. Anne adalah salah satu  istri dari Louis XII

 

  • Château de Blois bergaya Gothic – Benteng abad pertengahan (abad ke-13)
gothic
Ruangan ini dibangun oleh Bangsawan dari Blois dari abad ke-10, ini adalah ruangan gothic terbesar yang ada di Perancis pada masa abad ke-13.

 

  • Château de Blois bergaya Flamboyant – Masa Louis XII 1498-1501
Flamboyant
Dibangun dari batu bata dan batu.

 

  • Château de Blois bergaya Renaissance – Masa François I 1515-1520
blois-1 (5)
Dibangun lebih dari 15 tahun setelah masa Louis XII. Fitur yang paling terkenal di Château de Blois adalah tangga spiral François I, karena mempunyai ilustrasi yang sangat brilian terinspirasi oleh Italia tetapi masih diterapkan struktur tradisional Perancis. Tangga spiral ini terletak di luar agar orang-orang yang diluar bisa melihat raja secara langsung.

 

  • Château de Blois bergaya Classicism – Masa Gaston d’Orléans 1635-1638
klasik
Dibangun oleh François Mansart untuk Gaston d’Orléans (saudara dari Louis XIII). Dengan bergaya klasik. François Mansart adalah seorang arsitek yang membangun Château de Maisons Laffitte.

 

  • La salle des états (Ruangan negara)

La salle des états, dibangun pada awal abad ke-13, ruangan ini adalah salah satu ruangan tertua yang diawetkan di Perancis dan juga sisa ruangan Gothic sipil terbesar. Ruangan itu digunakan sebagai pengadilan keadilan oleh Bagsawan dari Blois dan digunakan pada tahun 1576 dan 1588.

blois-1 (14)

blois-1 (15)

blois-1 (16)

  • Chambre du Roi (Kamar tidur Raja)

Foto dibawah ini adalah kamar tidur Raja, yang  di mana legenda mengatakan bahwa Duke de Guise meninggal akibat dibunuh, dan dirinya terjatuh di kaki tempat tidur Raja, setelah ditusuk oleh delapan pedang.

blois-1 (8)

  • Chambre de la Reine (Kamar tidur Ratu)

Kamar tidur ratu, sebelumnya ini adalah apartemen galeri François I, kemudian menjadi ruang kerajaan Catherine de Medici, yang meninggal pada 5 Januari 1589. Catherine de Medici adalah istri dari Henri II raja dari Perancis.

Terdapat monogram Henri II dan Catherine de Medici yang terdiri dengan inisial H dan C di dalam ruangan ini.

Blois-chambre

  • Cabinet de la Reine (Ruang kerja Ratu)

blois-1 (6)

  • La galerie de la Reine (Gallery Ratu)

blois-1 (7)

  • Clavecin de 1572 (Harpsichord 1572)

blois-1 (13)

blois-1 (10)

blois-1 (9)

blois-1 (11)

 

Château blois tepat terletak di tengah-tengah kota. Saya dan sang pacar berlibur ke Blois untuk melihat Château de Chambord, dan juga Château de Cheverny.  Château de Cheverny sangat terkenal karena ada di dalam film Tintin.

Tetapi setelah kami mengunjungi Château de Blois keesokan harinya kami ke Chambord 🙂

Di tunggu artikel selanjutnya ^.^

 

Harga tiket masuk ke Château de Blois :

Dewasa : 10 euro / orang

Anak-anak 6-17 tahun : 5 euro

Alamat :

6 Place du Château, 41000 Blois

FRANCE

11 koment di artikel « Château de Blois, Val de Loire »

    • Sil Aprilia

      Jawab

      Hi Ria, pindah rumah nya sdh awal januari tadi heheheh jadi gak tau kenapa komen mu yg sebelumnya gg masuk disini, mesti harus diselesain dulu apa yg kurang sepertinya 😀 gpp lah tournya gratis kok 🙂

  1. Anita Dwi Mulyati

    Jawab

    Asik banget Silvi bisa ngerasain duduk di singgasanah Raja..ahahaha :-D. Waktu ke Perancis aku hanya sempat ke Versailles, mewah dan glamor yak tempat tinggal raja dan ratu, trip ke Istana demi mewujudkan impian masa kecil jaman baca komik manga Candy sama Marichan,


Kirim koment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.