Natal pertama di Perancis

Joyeux Noël

Merry Christmas

Selamat natal bagi kalian yang merayakannya 🙂

makan-natal-di-perancis

Baiklah, natal 2015 ini adalah natal pertama aku selama bermukim atau tinggal di perancis. Di tradisi keluarga pacar aku pada tanggal 24 december pada jam 7 malam mereka sudah bersiap-siap untuk Christmas dinner dan makanan tersebut biasa ada 5-6 tahapan. Tahapan tersebut berupa : Apéritif, entrée (yang biasa ada sampai 2x), plat, fromage, dan desserts.

Pada tahapan tersebut minumnya pun berbeda-beda, biasanya untuk makan-makanan daging yang putih, seperti seafood menggunakan White wine, sedangkan daging yang berwarna merah, seperti daging sapi, bebek dan keju menggunkan Red wine. Untuk makanan penutup minumannya adalah Champagne.

  • Apéritif , minuman beralkohol atau alkohol yang dikonsumsi sebelum makan. Apéritif biasanya ditemani snack atau makanan ringan, apéritif tersebut dimulai pada 1-2 jam sebelum makan. Berikut ini adalah apéritif kami yang terbuat dari roti, ikan salmon dan ikan sarden, dan di sajikan dengan Le Perlé de Groseille dengan minuman ini sangat cocok untuk apéritif kami pada malam itu.

_MG_8116

kado-natal

Setelah makanan tersebut selesai, maka kami melanjutkan dengan yang disebut entrée. Tetapi sebelumnya kami membuka hadiah natal kami satu per satu sampai tahap makanan kami selesai.

  • Entrée, makanan pembuka pertama kami, makanan ini terdiri dari lobster, udang dan bigorneau (sea snail) dan disajikan dengan baguette atau roti perancis dan juga dengan saus mustard bersama White wine Pouilly-Fuissé 2013.

makan-natal-lobster-lobster

makan-natal-lobster

  • Entrée, makanan pembuka kedua adalah fois grass, pain d’epices dan salad sayur. Nah fois grass ini terbuat dari hati bebek, fois grass adalah salah satu makanan khas perancis dan dimakan bersama roti, bisa dengan baguette, tetapi yang paling cocok adalah roti yang terbuat dari rempah-rampah atau yang di sebut pain d’epices. Dan disajikan dengan White wine ALSACE Gewurztraminer Vendanges Tardives 2011, rasanya sedikit manis dan sangat cocok dengan fois grass.

makan-natal-fois-gras

  • Plat, hidangan inti setelah makanan pembuka. Hidangan kami kali ini adalah 1 ekor angsa dengan sayuran yang sudah diolah menjadi pohon natal dan disajikan dengan Red wine Beaune 2001.

makan-natal-angsa

Tradisi membuka hadiah dilakukan selama melahap makanan (christmas eve dinner) atau sebelum tangal 25 december.

Kenapa tanggal 24 ? karena di rumah kami gak ada anak kecil dan hanya kami berempat jadi tradisi buka hadiahnya dilakukan sebelumnya. Biasanya anak-anak percaya jika ada santa claus yang datang membawa hadiah pada malam hari tanggal 24 december dan dibuka dikeesokan harinya. yap kami membuka hadianya lebih awal 😀 dan hadiah natal yang paling besar di buka pada saat makanan penutup 🙂

buka-kado-natal

hadiah-natal-jarum-rajut

jarum rajutku

Setelah membuka beberapa kado, saatnya menyantap desserts atau yang kita bilang makanan penutup, seharusnya sih ada fromages (keju) tetapi karena perut sudah gak bersahabat alias kenyang maka kamipun langsung ke desserts. Mau tau apa makanan penutupnya ?

  • Desserts, makanan penutup yang selalu disantap disetelah fromage atau le plat. Ini adalah kue la bûche rasa mangga yang di campur dengan kelapa dan di hiasi coklat dan macarons. Di sajikan dengan Tsarine Champange Cuvée Premium Brut.

makan-natal-macaron-kue

Waktunya membuka hadiah natal yang paling besar…yaitu aku mendapatkan berupa 1 Laptop Asus N551jx yang berwarna Silver, merci pacarku dan kedua orang tuanya <3 yang telah memberikan aku banyak hadiah di natal tahun ini. Laptop ini dihadiahkan agar aku rajin menulis artikel dan juga biar gak susah karena kalau mau bikin artikel pakai iPad agak kekecilan and so complicated 🙁

Dan 1 lagi alasannya, biar gak gantian pake komputer pacar hehehe :D, topi yang aku gunakan ini juga salah 1 hadiah natal ku dari orang tuanya yang terbuat dari bulu kelinci 🙂 kelincinya bisa dilihat di artikel ini “Le Marché de Noël”

Begitu banyak hadiah natal yang aku dapat, karena mereka sangat mencintaiku <3 yap beberapa orang bilang aku sangat beruntung…

hadiah-hadiah-natal ku

Beginilah tradisi natal di Perancis, dan bagaimana dengan Natal kalian ? semoga semuanya lancar dan diberkahi, amin…

Sekali lagi 🙂

Joyeux Noël

Merry Christmas

dan Selamat natal

bersama-pacar-mixcouple

3 koment di artikel « Natal pertama di Perancis »


Kirim koment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.