Salah 1 tradisi di Perancis : Galette des Rois – Kue Raja

Galette des Rois adalah kue tradisional yang dijual dan dikonsumsi beberapa hari sebelum dan sesudah Epifani. Ini adalah perayaan umat Nasrani.

Tanggal didalam Alkitab adalah antara 6 Januari acara ini berlangsung, Epifani biasanya dirayakan pada hari Minggu pertama setelah tanggal 1 Januari. Tanggal tersebut bervariasi, jadi setiap tahun acara tersebut berlangsung di hari Minggu pertama di bulan Januari, kecuali jika hari Minggu jatuh pada Hari Tahun Baru, kemudian Epifani akan berlangsung pada hari Minggu kedua di bulan Januari.

Setiap tahun tanggal Epifani beda-beda dan tahun ini jatuh pada tanggal 3 Januari 2016.

GalletdesRois (1)
Gallet de Roi, sebelum dipotong dan masih dalam keadaan utuh bersama dengan mahkota.

Epifani atau Hari Raja adalah hari libur umat Kristen untuk memperingati kunjungan orang Majus untuk bayi Yesus yang telah lahir. Epifani berasal dari bahasa Yunani epifaneia, yang berarti “penjelmaan” dan festival ini merayakan penyataan Tuhan di antara manusia.

Pada tanggal 6 Januari setiap tahun, perayaan ini merayakan tiga peristiwa besar Kristus yaitu : Pemujaan Orang Majus di Betlehem, pembaptisan Yesus di sungai Yordan dan keajaiban pertama Kristus di Kana (air berubah menjadi anggur).

Nah makanya setiap tahun khususnya di Perancis sudah banyak ditoko-toko roti yang menjual kue ini, tapi kue ini bukan hanya khusus orang-orang nasrani yang membeli kue tersebut, jadi siapa saja boleh membeli dan memakan kue ini 😀 rasanya enak sekali loh.

GalletdesRois (2)

Setiap kue ini, memiliki mainan kecil yang terbuat plastik dan berukuran kecil (dikatakan untuk mewakili Bayi Yesus) yang tersembunyi di dalam kue tersebut, dan jika ada orang yang mendapat sepotong kue dengan mainan maka dialah yang menjadi Raja (jika orang tersebut laki-laki) / Ratu (jika dia seorang perempuan), kemudian menunjuk seseorang untuk menjadi pasangannya. Mereka akan diperlakukan sangat istimewa pada hari itu.

 

GalletdesRois (4)

GalletdesRois (5)

GalletdesRois (6)

Pada hari itu pacarkulah yang mendapatkan mainan yang ada ditangan ku, dan dia menjadi Raja kemudian menunjuku sebagai Ratunya :D.

Di dalam kalender Perancis sangat banyak hari-hari perayaan, maka bersiap-siap lah untuk membeli kue atau pun membuat sendiri dirumah 🙂 ya sekalian belajar membuat kue dan mengetahui tradisi dari negara lain.

6 koment di artikel « Salah 1 tradisi di Perancis : Galette des Rois – Kue Raja »


Kirim koment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.