Tahapan Dan Cara Untuk Mendapatkan CIR

Hi readers !!

Mungkin cara kita masuk ke Perancis berbeda-beda, jadi semua ada takarannya masing-masing.

Di artikel ini saya tulis menurut pengalaman pribadi saya ya, jadi kalau ada yang berbeda dari pengalaman teman-teman lainnya harap maklum.

Pertama kali saat saya masuk ke Perancis, saya menggunakan Visior visa long séjour. Jadi cara ngurus ke OFII nya beda dari yang baru datang. Sedangkan saya proses OFII ini saya jalani ketika saya sudah hampir 5 tahun di Perancis.

Tapi tenang saja.

Jika kalian masih bingung apa sih sebenarnya yang ingin saya jelaskan.

Jadi begini teman-teman.

Pada saat kalian masuk ke perancis, wajib banget hukumnya untuk mengurus salah satu dokumen yang di lakukan di kantor OFII.

Dokumen ini nantinya akan di gunakan untuk mendapatkan atau memperpanjang carte de séjour.

Nah karena saya itu nikahnya di Perancis pada tahun 2018. Jadi saya mengurusnya setelah pernikahan untuk mendapatkan formation yang 4 hari ini, namanya Formation Civique.

Saya ngurusnya agak telat, setelah nikah satu tahun baru saya buru-buru untuk mengirim dokumen ke kantor OFII. Saya pikir sudah cukup hanya yang dari medical check up.

Karena sebelumnya pada tahun 2015 saya sudah mengurus OFII untuk medical check-up pada saat pertama kali masuk ke Perancis.

Pada saat setelah checkup di tahun 2015, saya mendapatkan selembaran kertas dari dokter yang melakukan tes ke saya.

Nah lembaran tersebut saya gunakan untuk perpanjang CDS setiap tahunnya, lembaran tersebut sangat penting.

Untuk mendapatkan Formation Civique OFII selama 4 hari, jika kalian menikah di Perancis hal yang kalian lakukan adalah :

Step 1 : Mengirim dokumen ke kantor OFII berdasarkan daerah masing-masing

Mentemen, gg ada arti terlambat selama kalian niat ngelakuinnya. Jika kalian pada saat sudah menikah, apalagi jika nikahnya di Perancis kalian wajib mengikuti formation civique OFII ini. Formationnya berlangsung selama 4 hari penuh mulai pertahun 2019 yang sebelumnya hanya 2 hari.

Pada saat memperpanjang carte de séjour yang jangka 10 tahun sertifikat formation civique adalah salah satu di dalam daftar list perpanjangan tersebut.

Jika kalian tidak mempunyai sertikat ini, kalian tidak akan mendapatkan carte de séjour yang 10 tahun. Alias kalian akan mendapatkan masa berlaku 1 tahun dan paling lama 2 tahun

Jadi jangan pernah menyepelekan formation civique ini.

Caranya bagaimana untuk mendapatkan jadwal formation ?

  • Kalian harus mengisi formulir ini dan juga yang ini.
  • Kemudian kalian harus mengirim lewat pos, cek alamat OFII disini.
  • Yang terakhir adalah menunggu surat balasan / convocation dari OFII, di dalam surat kalian akan di berikan jadwal dan alamat OFII mana yang harus kalian datangi.

Step 2 : Setelah mendapatkan Convocation jalani beberapa tes

Setelah kalian mengrim dokumen di atas, sekitar 2 bulan kalian akan mendapatkan balasan dari OFII dan wajib kalian datangi ! jangan sampai terlambat !!

sesampai nya di OFII hal yang akan kalian lakukan pada saat di OFII adalah :

  • Tes radiologi (test de radiologie)
  • medical check-up (médical générale)
  • Tes tertulis bahasa Perancis (test écrit en français) dan wawancara (entrevue)

Sekali lagi karena saya datang ke Perancis pada tahun 2015, maka saya sudah pernah melakukan tes radiologi, dan medical check-up.

Sedangkan tes tertulis dan wawancara apakah saya di tes juga ?

Untungnya saya tidak di tes, karena saya membawa dan sudah mempunyai DELF A1 .

Jadi bagi siapa saja yang sudah mempunyai sertifikat DELF (Diplôme d’études en langue française) atau TCF (Test de connaissance du français) kalian tidak akan mendapatkan tes (test écrit en français) .

Hanya saja kalian akan di wawancara sedikit.

Tambahan :

Sertifikat TCF hanya berlaku selama 2 tahun, jika melewati dari jangka tersebut kalian akan mendapatkan Tes tertulis bahasa Perancis (test écrit en français) dan wawancara (entrevue).

Jika kalian hanya mempunyai DELF A1, mereka akan memberikan kalian formation linguistique / kursus bahasa perancis A2 sebanyak 100 jam.

Step 3 : Formation Civique

Langkah ketiga yang bener-bener bikin saya lelah. Karena selama mengikuti formation ini kita harus sampai di tempat jam 08.45 dan berakhir jam 17.00.

Juga selama formation bukan di lakukan di kantor OFII melainkan di Agence de Formation et de Conseil en Insertion.

Begitu sampai di kantor AFCI, saya dan yang lainnya menunggu untuk mengantri. Lalu setelah giliran saya, saya pun menunjukan convocation tersebut dengan memperlihatkan carte de séjour saya.

Jika kalian tidak mempunyai carte de séjour kalian bisa memperlihatkan récépissé kok.

Pihak resepsionis yang telah memverifikasi data saya kemudian menyuruh saya untuk langsung masuk ke dalam ruangan (seperti kelas dengan banyak meja dan bangku-bangku). Yah karena di dalam bangunan tersebut hanya 3 ruangan. Jadi untuk yang datang di hari ke 1,2 dan 3 ruangannya berbeda-beda.

Dan selama formation civique berlangsung kalian akan disiapkan makan siang, kopi atau teh di jam tertentu. Karena formation berlangsung satu hari penuh dan selama 4 hari.

Selama mengikuti formation tersebut kita akan belajar tentang undang-undang di perancis, cara kita mendidik anak, pajak, cari kerja dan banyak hal lainnya tentang sejarah perancis yang kita pelajari selama 4 hari tersebut.

Step 4 : Attestation CIR

Pada saat hari ke-4 formation civique, akan berakhir kalian akan mendapatkan surat seperti ini :

Nah attestation ini jangan sampai hilang, karena akan di pergunakan pada saat perpanjang CDS yang 10 tahun.

Jika kalian sudah selesai mengikuti keempat tahapan ini, saya ucapkan selamat karena sudah mengetahui uud dan sejarah yang ada di perancis.

Semoga infomasi ini bermanfaat buat kalian yang baru datang dan tinggal di perancis ❤

Info penting :

CIR adalah kepanjangan dari “Contrat D’Integration Republicaine”


Bagikan



Kirim koment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.